Sabtu, 30 Juli 2022

Indonesia Semakin Diminati Para Investor Global

Indonesia makin menarik bagi investor global, menjadi primadona bagi kalangan investor asing, seiring makin majunya perekonomian Indonesia dan besarnya potensi market di Indonesia.  

Sektor perdagangan internasional dan industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang paling diminati kalangan investor global.  Perdagangan global ini akan mendatangkan manfaat bagi Indonesia karena Indonesia merupakan tempat sourcing produk yang sangat baik. Tingginya pangsa pasar di Indonesia, juga menarik bagi mereka, terkait jumlah penduduk yang besar, jumlah tenaga kerja yang tersedia, serta kemungkinan peningkatan produktivitas sektor tenaga kerja dan ketersediaan bahan baku merupakan nilai tambah bagi investasi asing yang masuk.

Pasar yang skala besar ini merupakan salah satu faktor utama penarik modal asing ke Indonesia. Sektor perbankan yang dinilai baik juga mendukung minat investasi asing. Investor asing sangat tertarik berinvestasi di Vietnam, namun masih ada kendala sistem perbankan di sana, sehingga investasi bisa pindah ke Indonesia. Kemudahan sistem perbankan di Indonesia adalah salah satu yang menarik investor datang ke Indonesia.

Namun tantangan yang dihadapi Indonesia, yaitu reformasi perbaikan institusi dan hukum, perlu digalakkan untuk meningkatkan investasi asing di sektor infrastruktur. Keterbukaan penting untuk menarik investor asing. Reformasi birokrasi juga perlu dilakukan karena instansi pemerintah banyak yang memanfaatkan investor untuk kepentingan pribadinya,” ucapnya.

Dari tahun ke tahun nilai investasi ke Indonesia makin meningkat. Kemenperin akan terus mendorong realisasi investasi di sektor manufakur. Salah satu yang akan tempuh, kementerian ini akan meyakinkan investor yang masih ragu-ragu agar segera merealisasikan rencana investasinya. Angka investasi manufaktur cukyp menonjol, baik  penanaman modal domestik (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

Beberapa industri yang menarik antara lain, investasi industri farmasi dan kimia, industri kertas dan percetakan, serta industri makanan. Dari kalangan PMA, banyak melakukan investasi bidang industri logam, mesin, dan elektronik . Juga investasi industri kendaraan bermotor dan alat transportasi dan industri makanan. 

Prospek Investasi Rumah Sakit Di Indonesia Sangat Menjanjikan

Prospek bisnis rumah sakit di Indonesia semakin menggiurkan. Terlebih setelah Indonesia megalami  masa pandemi sejak Maret 2020,  orang semakin mengerti pentingnya kesehatan dan sadar terhadap kesehatan sehingga rumah sakit makin dibutuhkan. 

Pertumbuhan jumlah penduduk menjadi salah satu pemicu yang meramaikan pasar pembangunan dan bisnis rumah sakit di Indonesia. Pada empat tahun ke depan, di Indonesia, ada 17 juta penduduk berusia 65 tahun ke atas. Data menunjukkan, jumlah penduduk berusia 15 tahun hingga 64 tahun bisa mencapai 184 juta jiwa pada 2020.Jumlah penduduk di rentang usia ini bertambah 17 juta sejak 2013.

Penduduk berusia 65 tahun ke atas  mencapai 18 juta. Sementara itu, usia 0 tahun sampai 14 tahun diproyeksi bertambah 2 juta orang menjadi 75 juta . Tak heran bila pertumbuhan demand terhadap keberadaan rumah sakit di Indonesia juga semakin nyata. 


prospek bisnis rumah sakit di indonesia menggiurkan

Tanpa berharap semakin banyak orang sakit, sektor jasa kesehatan, khususnya rumah sakit, punya ruang bertumbuh besar dalam beberapa tahun mendatang. Tak ketinggalan tantangan yang menyertainya. Ya, pendorong pertama, pasar rumah sakit di Indonesia utamanya didorong oleh pertumbuhan jumlah penduduk. 

Umur produktif  (25 tahun-54 tahun) yang mendominasi jumlah  penduduk, yakni 42,31%, serta rentang remaja hingga dewasa  (15 tahun-24 tahun) sebanyak 17,07% juga bakal berefek positif bagi perkembangan industri rumah sakit.

Pertambahan penduduk usia muda atau produktif dapat mendorong peningkatan angka disposable income dan belanja kesehatan. Pada 2020, angka pendapatan tahunan yang dapat dibelanjakan (annual disposable income) diperkirakan US$750 miliar, naik 53% dari 2013.

Secara khusus, total pengeluaran untuk layanan kesehatan terus meningkat. Pertumbuhan permintaan layanan kesehatan akan terus naik dibarengi angka harapan hidup.

Sejumlah katalis mampu mengungkit pertumbuhan sektor jasa kesehatan. Dari sisi infrastruktur, rerata pertumbuhan jumlah rumah sakit (RS) di Indonesia pada 2011-2014 sebesar 10,94%. Pertumbuhan masif terjadi pada RS swasta, yakni 34,12%, sedangkan RS umum cuma 4,18%. Jumlah itu akan bertumbuh seiring dengan belanja kesehatan pemerintah yang naik dan ekspansi usaha pelaku usaha rumah sakit.

Katalis penggerak lain yakni program jaminan kesehatan nasional (JKN). Industri RS akan diuntungkan oleh pertumbuhan peserta asuransi jiwa. Rerata pertumbuhan majemuk tahunan premi asuransi jiwa pada 2010-2014 sebesar 12,64% menjadi Rp 121,62 triliun per akhir 2014.

Wajar kalau pemain yang ada berani target pertumbuhan yang tinggi. PT Siloam International Hospital Tbk menargetkan punya 50 unit RS , tersebar di 25 kota, dengan target punya  tempat tidur 10.000 unit dan melayani 15 juta pasien tiap tahun. Sedangkan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) menargetkan membuka minimal satu RS saban tahun. 

Menurut penelusuran penulis, kini kalangan investor baik asing atau lokal sangat antusias untuk masuk di bisnis RS. Mereka ada yang datang dari pemain investor strategis maupun investor finansial. Mereka umumnya diam-diam sedang mencari-cari peluang kerjasama dengan pemain lokal yang sudah punya pengalaman di pengelolaan rumah sakit, sedangkan mereka datang dengan membawa jaringan dan modal. 

Prospek Bisnis Logistik Sangat Cerah, Saatnya Para Pemain Terapkan Teknologi

 Salim Iskandar (47) termasuk pengusaha yang justru mendapatkan blessing indisguise di masa pandemi Covid dua tahun terakhir. Pengusaha bidang transportasi (trucking) dan forwarder yang berkantor di Jakarta Barat ini bisnisnya justru bertumbuh 35% per tahun selama dua tahun terakhir. Ia menambah jumlah armada truk dari 150 unit tahun 2019 menjadi 312 unit saat ini (Maret 2022). Penambahan armada ini disebabkan meningkatkannya demand dari klien-kliennya, para pelaku bisnis ritel dan pemain ecommerce. 

Bisnis logistik yang dijalankan Iskandar memang fokus pada pengiriman barang dari pabrik ke gudang-gudang milik perusahaan peritel, termasuk ke gudang-gudang perusahaan ecommerce. Ia tidak bermain pada pengiriman langsung ke pelanggan rumah tangga atau last mile delivery sehingga bisnis Iskandar memang cenderung B2B. Dan rupanya bisnis Iskandar ikut menggeliat seiring cepatnya pertumbuhan klien-kliennya di masa pandemi dua tahun terakhir. Bila di 2019 omsetnya masih di sekitar Rp 50 miliar per tahun, maka akhir 2021 lalu sudah mencapai sekitar Rp 120 miliar per tahun. 

prospek bisnis logistik sangat cerah



Salim Iskandar dengan bisnisnya yang mengalami bullish di masa pandemi sebenarnya menjadi potret yang mewakili bisnis logistik secara umum yang memang bertumbuh baik selama dua tahun terakhir. Dalam dua tahun terakhir industri logistik memang dipusingkan dengan problem kelangkaan kontainer bagi yang bergulat di bidang transportasi laut yang membuat harga fright melambung, namun di luar itu, secara umum bisnis logistik justru menggeliat positif.  

Secara umum, kue bisnis logistik di Indonesia memang sangat menggiurkan. Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi kontribusi sektor logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga akhir tahun 2021 sebesar Rp 676,0 triliun dan di tahun 2022 diperkirakan juga akan tumbuh positif. Pertumbuhan sektor logistik tahun 2022 akan didorong terutama oleh kinerja sektor industri pengolahan, terutama non-migas, diikuti oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor perdagangan; sektor konstruksi; serta sektor pertambangan,” kata Setijadi, Chairman SCI. 

Pada tahun 2021 lalu, kontributor logistik dari industri pengolahan non-migas adalah industri makanan dan minuman (sebesar 38,4 persen), diikuti industri kimia dan farmasi (11,4 persen), industri barang logam dan elektronik (8,7 persen), industri alat angkutan (8,4 persen), serta industri tekstil dan pakaian jadi (6,1 persen). Kinerja sektor logistik di Indonesia didorong oleh kinerja ekspor-impor yang terus membaik dan juga kebutuhan konsumsi perkapita Indonesia yang terus meningkat. Subsektor transportasi, SCI memperkirakan kontribusi terhadap PDB tahun 2021 sebesar Rp 548,8 triliun, sedangkan subsektor pergudangan mengontribusi terhadap PDB tahun 2021 sebesar Rp 127,2 triliun.

Para pemain logistik bisa menggarap ceruk market yang berbeda-beda karena peluang bisnis yang digarap memang beragam. Mulai dari jenis layanan Inbound Logistics, Outbound Logistics, Warehouse Services, Freight Shipping, Courier Shipping, Courier Express, Third Party Logistics, Fourth Party Logistics, Distribution Logistics, hingga Reverse logistics.  Logistik dapat dibagi menjadi lima jenis berdasarkan tahapan dalam proses bisnis. Yakni logistik pengadaan, logistik produksi, logistik penjualan, logistik pemulihan, dan logistik daur ulang (riverse logistic). Selain itu, juga ada sejumlah model bisnis yang bisa digarap para pemain logistik. Pelanggan di industri logistik sendiri bisa menyasar ke segmen B2B dan B2C.

Secara umum, kegiatan bisnis logistik dibagi dalam lima elemen. Yakni pertama, bidang storage, warehousing and materials handling. Kedua, bidang packaging and unitisation. Ketiga, inventory. Keempat, transportasi. Kelima, informasi dan kontrol.  Seperti kebanyakan industri lainnya, industri logistik (T&L) saat ini juga menghadapi perubahan besar. Perubahan besar itu membawa risiko namun juga peluang. Sekarang ini makin teknologi baru, pemain penndatang baru, harapan pelanggan yang berubah dan model bisnis baru. 

Perusahaan logistik menghadapi era perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya saat digitalisasi berlangsung dan harapan pelanggan terus berkembang. Teknologi memungkinkan efisiensi yang lebih besar dan lebih kolaboratif model operasi. Dengan teknologi, pendatang baru bisa menjadi perusahaan top baru yang  mengguncang industrinya sehingga pemain lama harus banyak waspada dan juga mengikuti perkembangan dengan cara investasi dan menerapkan teknologi. 

Setijadi menyarankan, perusahaan penyedia jasa logistik juga perlu mencermati perubahan sosial dan pola bisnis yang mempengaruhi operasional logistik seperti sharing economy, logistics marketplaces, dan omnichannel logistics. Selain itu, berbagai perkembangan teknologi terkait perlu dicermati dan dimanfaatkan seperti big data analytics, artificial intelligence, internet of things, block chain, cloud logistics, serta robotics & automation.  Secara internal, perusahaan perlu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional dengan peningkatan kapabilitas proses, pemanfaatan teknologi, dan kompetensi SDM.

Inspirasi Sukses Dari Pendiri Nestle Group, Bertemu Peluang Bagus Setelah Usia 53 Tahun


Jangan merasa dunia sudah berakhir bila hingga usia 40 tahun Anda belum sukses. Pendiri Nestle itu baru menemukan bisnisnya di usia 53 tahun.

 


Bagi konsumen di Indonesia tentu sangat kenal merek susu Nestle, Dancow, Bear Brand, Milo, dan kopi Nescafe. Semua itu bagian dari produk Nestle yang di Indonesia memang termasuk perusahaan consumer good skala besar dengan omset per tahun triliunan rupiah. Nestle adalah contoh perusahaan consumer good multinasional yang sukses besar di Indonesia — selain Unilever, P&G dan Coca-Cola Company.

Nestle sendiri adalah perusahaan multinasional yang punya anak usaha di puluhan negara lain. Kisah sukses Nestle Group tak lepas dari peran pendirinya, Henri Nestlé. Sejatinya Henri adalah seorang apoteker dari Frankfurt yang mencari nafkah sederhana di Vevey, Swiss.  Ia sejak awal merupakan orang yang suka melakukan percobaan dan meniliti untuk melakukan penemuan produk, walaupun skalanya masih kecil-kecilan. Suatu saat ia menemukan celah pasar yang sangat menguntungkan: susu formula, dibuat dari bahan-bahan susu terbaik dari Swiss yang menjadikannya sukses hingga sekarang.

Perjuangan Berat Di Awal

Henri Nestlé  tidak sukses dengan serta-merta. Sebelum memulai usaha sendiri di bidang susu, ia pernah berkegiatan menjual aneka produk, mulai dari minyak, pupuk tepung tulang, cuka, minuman keras, timah putih, mustard, air mineral, limun, gas cair, semen. Ia hanya menjual produknya di Vevey. Apoteker ini berusaha terus mencari sumber pendapatan baru dengan produk-produk inovatif untuk masyarakat perkotaan di puncak modernitas sesuai passion-nya. Dia bekerja tanpa henti dan tidak takut mengambil risiko, tetapi ini tidak cukup untuk membuatnya kaya.

Heinrich Nestle, begitu nama aslinya, lahir di Frankfurt, Jerman. Setelah selesai kuliah ia bekerja magang di sebuah perusahaan dan selesai pada tahun 1834. Ia magang sekitar 5 tahun dengan bekerja dan dibayar harian. Kehidupan awal yang tidak mudah untuk mendapatkan kemandirian. Lima tahun kemudian ia memenuhi syarat sebagai asisten apoteker di Lausanne dan mengambil posisi pertamanya sebagai apoteker di Vevey. Namun ia kemudian tertarik mendirikan bisnisnya sendiri pada tahun 1843.



Meski ia lahir di Jerman namun ia belajar bahasa Prancis dan bahkan mengubah namanya menjadi nama orang tua angkatnya yang Perancs: dari nama aslinya Heinrich Nestle menjadi Henri Nestlé. Namun, berintegrasi ke dalam komunitas lokal tidak sesederhana itu. Selama beberapa dekade ia harus bertahan hanya dengan izin tinggal sementara. Secara finansial juga, dia berada dalam situasi yang agak genting. Produk yang ia jual awalnya tidak terjual dengan baik dan skala ekonominya tidak cukup. Pabrik produksinya yang kecil jauh dari produksi massal skala industri. Ia pernah hidup di sebuah masa yang pendapatannya hanya cukup untuk survive.

 

Bisnis Utamanya Ia Temukan Di Saat Usia 53 Tahun

Setelah bekerja dan mencoba berbisnis sendiri, nasib baik akhirnya mendatangi Henri Nestle meski mungkin ia bisa disebut agak terlambat dan sudah cukup tua, yakni ketika dia sudah berusia 53 tahun. Bisnisnya ialah menjawab masalah yang saat itu belum bisa diselesaikan oleh masyarakat, yakni bagaimana menemukan masalah yang masih belum terselesaikan dalam memberi makan kepada bayi. Kematian bayi sangat tinggi pada saat itu, dan diyakini bahwa alternatif ASI yang sehat dan bermutu tinggi akan menyelamatkan nyawa bayi yang tak terhitung jumlahnya. 

Ia kemudian mempelajari analisis kimia yang ada pada ASI dan melakukan berbagai eksperimen di labnya dengan susu, roti, dan gula. Dia memadatkan, mengeringkan dengan vakum dan menggiling berbagai bahan sampai dia menemukan formula yang tepat. Darisana ia meluncurkan ‘Tepung anak-anak’ tepatnya pada tahun 1867.

Selama fase percobaan, Nestlé memberi susu formula barunya yang larut dalam air kepada balita. Ya, dia perlahan-lahan tertarik pada makanan dan bahan makanan, bereksperimen dengan berbagai resep makanan bayi untuk membantu ibu yang tidak dapat menyusui, dan akhirnya menemukan ramuan yang dia sebut farine lactée. 

Pada tahun 1867, ia memberi makan ini kepada seorang bayi laki-laki prematur yang ibunya sendiri sedang sakit parah. Bocah itu selamat, dan dari sana reputasi Henri Nestlé melejit. Berita tentang ‘produk ajaib’ dengan cepat menyebar ke seluruh area danau Jenewa. Bidan, ibu, dan perawat dengan penuh semangat membeli produk itu, dan Nestlé dibanjiri pesanan: 8.600 kaleng diproduksi pada tahun 1868, sudah 670.000 pada tahun 1874, dan lebih dari satu juta hanya satu tahun kemudian. 

Tahun berikutnya ia membuka kantor di London untuk memenuhi  pesanan, dan dalam waktu lima tahun mengekspor ke Amerika Selatan dan Australia. Dari Vevey, produk Nestlé menyebar hingga menjadi fenomena global. Pada tahun 1874, hanya tujuh tahun setelah peluncuran, Henri memiliki jaringan distribusi sendiri dan agen Nestlé lokal di 18 negara. Hanya dalam beberapa tahun, Henri Nestlé berhasil menciptakan merek global dengan logonya sendiri. Ide untuk merek dagang sarang burung berasal dari lambang keluarga Nestle (berarti ‘sarang kecil’ dalam dialek Swabia). 

Kiprah bisnis Nestle kemudian tak terbendung dengan melakukan banyak akuisisi perusahaan lain. Contohnya, Nestlé kemudian mengakuisisi Susu Kental Anglo-Swiss pada tahun 1905, dan pembuat cokelat Peter, Cailler dan Kohler – pionir dalam pembuatan cokelat susu – pada tahun 1929. Nestle pun mulai melakukan diversifikasi. Diuntungkan dari surplus besar biji kopi pada tahun 1930-an, Nestlé meluncurkan kopi instan pertama di dunia – Nescafé – pada tahun 1938. Kemudian juga mengakuisisi produsen makanan olahan Maggi pada tahun 1947, Crosse & Blackwell pada tahun 1950, dan raksasa makanan beku Findus pada tahun 1963, memperluas jangkauan lebih jauh. Pada pertengahan 1960-an, Nestlé adalah perusahaan terbesar di Swiss, sebuah multinasional besar yang menggabungkan lebih dari 200 pabrik di seluruh dunia, dengan manajemen global masih berbasis di Vevey.

Nestle pun mengakusisi perusahaan kosmetik L’Oréal pada tahun 1974 dan pembuat manisan Inggris Rowntree’s pada tahun 1991, Nestlé mempekerjakan hampir seperempat juta orang, dan membeli lebih dari sepuluh persen dari seluruh tanaman kopi dan biji kakao dunia. Namun, produk yang paling kontroversial, anehnya, produk aslinya: susu formula.

Pensiun Indah

Sangat disayangkan, Henri dan istrinya Clémentine tidak memiliki anak kandung  dan menghabiskan hari-harinya di pabrik produksi mereka. Delapan tahun kemudian mereka merasa tidak bisa melakukannya lagi. Sudah sukses dan ingin istirahat. Pada tahun 1875 Henri Nestlé menjual pabriknya – kesepakatan yang mencantumkan namanya, merek dagang sarang burung walet, dan tanda tangannya, yang menjamin kualitas produknya. 

Nestlé menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya sebagai tuan tanah yang kaya, selalu berpakaian putih, dan sering terlihat di keretanya di sekitar kebun anggur di tepi Danau Jenewa. Ia menghabiskan musim panas di Glion dan musim dingin di Montreux. “Iklimnya sangat bagus, pohon salam masih tumbuh subur di sana, pemandangannya luar biasa, dan ada banyak penginapan. Singkatnya, “menemukan tempat yang lebih baik di bumi untuk menikmati hidup dengan damai,”.

Warisan yang ia tinggalkan, Nestle Group, kini menjadi perusahaan makanan dan minuman multinasional terkemuka secara global. Nestlé masih memiliki kantor pusat di Vevey, Swiss.Di Indonesia pun Nestle termasuk pemain besar. Pada tahun 2016 sebuah museum dibuka di lokasi pabrik asli untuk merayakan ulang tahun ke 150 perusahaan. Lokasi ini dibangun untuk menghormati pendiri dan wirausahawan perintis perusahaan itu, Henri Nestlé.

Pendapatan Dan Harga Saham Grab Anjlok

Pendapatan Grab turun tajam  44% menjadi  $122 juta pada kuartal keempat 2021, jauh di bawah perkiraan analis yang awalnya mengira akan di kisaran $ 167 juta– demikian data dari Refinitiv.


Perusahaan unicorn Asia Tenggara, Grab, tampaknya sedang mengalami tantangan yang berat. Penyebabnya, saham Grab anjlok 37% pada minggu pertama Maret 2022 setelah perusahaan ojek online dan pengiriman makanan itu mengumumkan kerugian kuartalan yang lebih dalam dan penurunan pendapatan yang lebih buruk dari perkiraan.  Grab memang telah listed (go public) di bursa saham NASDAQ. 

Rupanya pendapatan perusahaan itu anjlok, terpukul oleh naiknya biaya promosi dan biaya insentif untuk pengemudi yang melambung. Grab yang berbasis di Singapura memang telah berinvestasi secara agresif dalam meningkatkan insentif untuk menarik pengemudi karena permintaan berbagi perjalanan pulih dari titik terendah pandemi.

Dilaporkan, pada kuartal akhir 2021, pendapatan Grab turun 44% menjadi $122 juta, jauh di bawah perkiraan para analis yang semula diperkirakan di kisaran $167 juta — menurut data Refinitiv. Kerugian Grab menjadi lebih dalam, menjadi $ 1,1 miliar, termasuk biaya yang terkait dengan go public (listing di bursa) tahun lalu. Tahun sebelumnya Grab juga menderita kerugian $ 635 juta.

Saham Grab, awal Maret 2022 ini merosot ke level terendah yang pernah ada setelah investor mengetahui realisasi pendapatan akhir 2021. Para investor telah kehilangan hampir tiga perempat nilainya sejak debut IPO Grab.

Pendapatan dari unit pengiriman Grab yang berfokus pada layanan pesan-antar makanan di negara-negara termasuk Singapura dan Malaysia, kinerjanya juga sangat menurun, anjlok 98% karena perusahaan menggelontorkan uang ke dalam insentif untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar. Selain itu, tampaknya orang mulai lebih banyak orang makan di luar rumah yang itu mengurangi permintaan di platform Grab.

Sementara itu, pendapatan di unit bisnis mobilitasnya, yang menyumbang 86% dari keseluruhan penjualan, juga turun 27% di kuartal IV 2021.

Didirikan pada tahun 2012 sebagai aplikasi taksi regional di Malaysia, Grab yang didukung SoftBank Group mengoperasikan “aplikasi super” yang menyediakan layanan transportasi online, pengiriman makanan dan bahan makanan, mobile banking dan pembayaran di Asia Tenggara. 

Di Indonesia khususnya, Grab menghadapi persaingan yang makin intensif dari “aplikasi super” lain, khususnya dari Gojek. Sejauh ini belum banyak diketahui bagaimana kinerja pendapatan Gojek di Indonesia. Namun demikian, dengan merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo, tampaknya hal itu akan menjadi tantangan yang semakin tidak mudah bagi Grab.   

Link Bacaan Lain: 

Cara Memilih Perusahaan Appraisal (Penilai) Yang Tepat


Butuh kiat tersendiri untuk bisa mendapatkan perusahaan appraisal terbaik yang bisa membantu kebutuhan pekerjaan penilaian sesuai anggaran dan standar yang kita butuhkan.

Setiap perusahaan yang punya aset biasanya butuh jasa penilai. Mereka butuh perusahaan appraisal atau butuh jasa perusahaan penilai untuk mengetahui nilai bisnis atau kepemilikan aset kita di perusahaan, juga aset properti atau aset pribadi, atau aset yang tidak berwujud. Untuk mendapatkan informasi tentang valuase aset secara  tepat, kita tentu juga harus tahu cara memilih perusahaan penilai yang baik dan tepat agar kita tidak salah langkah. 

Tentu saja tujuan melakukan penilaian itu sendiri beragam. Dari yang untuk kepentingan mengurus asuransi, untuk melakukan bagi-bagi aset,  untuk mengetahui modal berinvestasi atau memperluas perusahaan, atau untuk keperluan kredit ke bank dan investor. Tujuannya bisa beragam. 

Di market banyak sekali perusahaan penilai yang menawarkan jasanya, baik perusahaan besar atau perusahaan kecil. Sebagai pemilik bisnis atau aset, kita bisa memilih mana perusahaan yang menawarkan harga dari terendah sampai yang harganya premium. Penilaian atau valuasi adalah opini nilai yang independen dan tidak bias yang diberikan oleh penilai yang memenuhi syarat, bersertifikat atau berlisensi dengan pengalaman dan kompetensi untuk membentuk opini nilai yang kredibel. Kita tidak bisa tidak, harus mencari penilai yang legal, berijin, bersertifikat  yang memang memenuhi syarat atau qualified. 

Penilai yang baik ialah melakukan jasa penilaian secara kompeten dan dengan cara yang independen, tidak memihak, dan objektif. Tentunya kita harus mencari penilai memiliki lisensi dan/atau sertifikasi untuk disiplin ilmu tertentu, sehingga perusahaan perlu menemukan yang sesuai dengan tujuannya. Penilai harus memiliki keahlian khusus atau spesialisasi pada jenis tertentu dan bisa menilainya dengan benar. Karena masing-masing perusahaan penilai itu punya jam terbang dan penajaman keahlian yang berbeda. Ada yang ahli menilai aset kebun sawit, ada yang ahli menilai aset saham, ada yang ahli menilai aset perkebunan HTI, ada yang ahli menilai gedung-gedung bertingkat. Masing-masing ada jagonya yang spesialist di bidang itu. 

Kalau Anda ingin mencari perusahaan penilai, sebaiknya tanya ke dia tentang resume dengan referensi dan verifikasi pengalaman dia, apa saja contoh pekerjaan yang telah mereka lakukan di masa lalu yang dapat membuktikan kompetensi dan pengetahuan mereka tentang industri yang akan dinilai. Tanyakan juga metode yang akan mereka gunakan untuk menentukan nilai dari apa yang sedang dinilai. 

Carilah penilai yang bersedia meluangkan waktu di muka untuk membantu Anda memahami konsep dan pertimbangan penilaian utama. Jadi selaras tujuan Anda untuk mengetahui nilai aset Anda. Dia juga harus bisa membimbing kita tentang bagaimana untuk melanjutkan, mennginformasikan hal-hal penting atau tanda bahaya yang mungkin kita tidak tahu secara hukum. Sebaiknya mereka juga punya pengalaman di bidang litigasi. Litigasi selalu ada kemungkinan. Penilai Anda harus bersedia memberikan dukungan litigasi dan tersedia untuk konferensi atau konsultasi. 

Terkadang, adanya aset yang dinilai sangat rumit dan kompleks dan dari 100 perusahaan penilai yang ada mungkin hanya kurang dari 5 perusahaan yang bisa melakukannya. Tapi ada saja tipikal perusahaaan apraisal yang mampu dengan keahlian khusus seperti itu. Yang jelas, seberapa komplek asset Anda, pasti ada yang bisa melakukan penilaian. Tapi memang butuh keahlian untuk mencari penialain yang spesial seperti itu, terlebih untuk menilai aset korporasi yang besar dan komplek. 

Kalau perusahaan Bapak/Ibu butuh jasa penilai dari aset yang komplek atau aset yang rumit yang tidak semua penilai bisa melakukannya, maka saya bisa bantu kenalkan ke penilai yang sudah kaliber dan pengalaman menilai aset-aset besar dan komplek, di dalam dan luar negeri. Terutama untuk aset korporasi. 

Bisa call saya di HP / WA   :  0812 8554 5155  (Adhi)

Link Bacaan Lain: 

8 Rumus Sukses Merintis Bisnis Kontraktor Di Jaman Now

Jasa kontraktor selalu dibutuhkan, dimanapun dan kapanpun. Perusahaan membutuhkan jasa dari pihak lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, sehingga butuh pihak lain yang membantu mengerjakannya. Dari sana muncullah kebutuhan jasa kontraktor.  Namun untuk sukses di bisnis ini butuh pengetahuan dan pengalaman.  Anda perlu semakin banyak mencari ilmu dari banyak sumber tentang KIAT SUKSES KONTRAKTOR DAN EPC. 

Jasa kontraktor itu sendiri bukan hanya untuk pekerjaan fisik seperti membangun gedung, jembatan, kilang minyak, pabrik, storage, bendungan, atau tower menara listrik dan telekomunikasi, namun bidang apa saja butuh kontraktor. Termasuk jasa juga demikian. Terkadang sebuah lembaga butuh jasa kontraktor riset, pengembangan, marketing, distribusi, dan sebagainya. Hanya saja memang, selama ini kontraktor lebih banyak dikaitkan dengan pekerjaan fisik, di Indonesia khususnya.

 

Banyak sekali peluang kontraktor pembangunan fisik yang bisa digarap. Intinya, bila Anda punya rekan yang sedang melakukan suatu pekerjaan yang besar, anda bisa berkata ke rekan Anda itu “Bolehkah saya bantu untuk mengerjakan bagian yang ini, atau seluruh bagian?!”. Maka disitu Anda sudah mulai menawarkan diri sebagai kontraktor. Yang membedakan, jasa kontraktor butuh lingkup pekerjaan yang jelas, diikuti dengan agreement kontrak yang jelas, termasuk step penyelesaian pengerjaan proyek, teknis pembayaran dan pinalti bila tidak sesuai kontrak. 

Salah satu peluang di bisnis kontraktor ialah bisnis kontraktor EPC. EPC  singkatan dari istilah Engineering-Procurement-Construction. EPC merupakan salah satu tahapan dalam suatu proyek konstruksi. Engineering adalah tahap desain perencanaan, Procurement adalah tahap pengadaan barang dan jasa, dan Construction adalah tahap pelaksanaan konstruksi. 

Bisa dijelaskan disini, dalam membangun suatu industri biasanya diawali dengan perancangan proses dan estimasi keperluan sumber daya serta biaya untuk mencapai suatu kapasitas produksi tertentu. Setelah diperoleh rancangan dan estimasi yang sesuai, maka kemudian dilakukan pengadaan barang dan sumber daya lainnya sebagai bahan baku pembangunan industri. Jika barang dan sumber daya lain sudah tersedia, kemudian dilakukan langkah berikutnya, yaitu proses konstruksi bangunan beserta alatnya dapat dilakukan. Perusahaan yang menangani perancangan, pengadaan, dan konstruksi ini sering disebut juga dengan EPC (Engineering, Procurement, and Construction) Company.

Sistem EPC  dipakai hampir sebagian besar proyek konstruksi yang “tidak biasa”, misalnya pada Industri Migas, Pembangkit Tenaga Listrik & Energi, Pertambangan, dan jenis industri berat lainnya. Sementara proyek yang kita anggap sebagai proyek biasa yaitu berbagai jenis bangunan gedung dan industri skala kecil ngga perlu menggunakan sistem EPC, malah bisa bikin susah.

Dalam proyek konstruksi itu sendiri, biasanya dibagi dua tahapan. Yakni Perencanaan dan Pelaksanaan. Perencanaan biasanya dilakukan oleh perusahaan tersendiri, yakni perusahaan Konsultan Perencana. Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang khusus bergerak di bidang ini. Lalu, untuk pelaksanan dilakukan oleh Kontraktor. Karena pelaksanaannya dilakukan oleh Kontraktor, maka pengadaan barangnya (Procurement) juga dilakukan oleh Kontraktor. Kalo diperlukan, Kontraktor kadang menyerahkan beberapa sub pekerjaan kepada Sub-Contractor (biasanya kita istilahkan SubCon). Makanya hampir semua perusahaan Kontraktor ada bagian Procurementnya.

Tapi, ada juga pada skala proyek tertentu (biasanya skala menengah ke bawah), Perencanaan dan Pelaksanaan dilakukan oleh satu pihak (biasanya Kontraktor). Sistem ini biasanya disebut dengan Design and Build. Jadi desain, pengadaan barang/jasa, dan konstruksi dilakukan oleh satu Kontraktor. Proyek-proyek EPC pada umumnya dikerjakan dengan pola Design & Build. Tapi karena skala proyek EPC itu sangat besar, maka tim yang terlibat di dalamnya juga sangat banyak. Dari mulai tim  Process Engineering, Mechanical Engineering, Piping Engineering, Electrical & Instrumentation Engineering, Civil Engineering, dll. Bahkan terkadang dibagi tim kontraktor khusus Architecture, Civil, Structure, Underground, HVAC, dll.

Pada bisnis kontraktor bangunan pun bisa dibagi dalam tim-tim, tergantung kompleksitas pekerjaannya, skala pekerjaannya. Demikian juga dalam proyek telekomunikasi, pembangunan power plant, gudang, pabrik, storage. 

Nah, agar sukses di bisnis kontraktor untuk jangka panjang, sangat penting untuk menjaga nama baik agar Anda bisa bertahan lama di industri ini. Kalau anda punya cacat, misalnya Anda tidak menyelesaikan pekerjaan yang dipercayakan ke Anda sementara sebagian uang proyek sudah anda terima, maka bersiap-siaplah untuk tamat kiprah bisnis anda di bidang kontraktor. Kontraktor pada intinya adalah bisnis jasa, sehingga nyawanya tergantung kepercayaan dari si pemberi pekerjaan. 

Agar Sukses Berbisnis Kontraktor, Anda perlu menjalankan hal-hal berikut ini: 

1. Memulai Dari Skala pekerjaan kecil untuk melatih kompetensi dan menambah portofolio

Kita perlu mencari pengalaman dan membangun track record untuk menjalankan bisnis kontraktor. Kalau masih di awal perintisan, terima saja bila ada pekerjaan walaupun kecil. Jadikan ia sebagai showroom yang bagus, track record agar bisa menjadi sumber referal. Dengan punya pengalaman dan portofolio mengerjakaan sejumlah proyek, walapun kecil, akan lebih percaya diri untuk meminta proyek yang lebih besar. Anda juga sudah punya bukti bahwa bisa melakukannya. Anda bisa tunjukkan ke proyek-proyek yang sudah anda kerjakan. Makanya, di awal perintisan, jangan mengambil margin untung yang besar dulu. Yang penting dipercaya dulu. Yang penting punya basis market dulu.  

2. Perluaslah hubungan relationship dengan banyak pihak yang terkait. Banyak bergaul dengan komunitas terkait.

Network is almost everything. Bisnis itu datangnya dari network dan relasi-relasi lama maupun baru. Tidak ada jalan lain, kalau mau sukses, perbanyaklah network dan teman. Mulailah membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak. Mulai dari pemasok, kontraktor lain, para prinsipal produk, klien, tokoh-tokoh bisnis dan politik, dan juga arsitek. Tunjukkan reputasi Anda dan perusahaan Anda,  membangun keramahan namun juga bukan jual murahan. Seringlah melakukan Say Hello kepada mereka diwaktu-waktu tertentu hanya untuk menjaga hubungan baik. 

3. Menyusun Rencana dan Target Bisnis

Sangat penting untuk menyusun rencana dan target-target bisnis agar bisnis kontraktor Anda berkembang. Jangan sekedar menggelinding saja. Rencanakan proyek yang akan dikerjakan, rencana pemasaran, rencana prospek, rencana pengembangan tim SDM, dll. 

4. Bereskan dan lengkapi legalitas usaha dan perijinan

Hal ini tak bisa ditawar. Untuk menjadi seorang kontraktor yang sukses, tentu saja harus memiliki izin usaha yang lengkap. Terkadang tiap proyek butuh ijin yang berbeda, terkadang ada yang ribet dan ada yang lebih simple. Ikutin saja, karena itu memang menjadi kunci pintu masuk. Tanpa itu, tak akan mendapat proyek. Makanya, usahakan punya satu orang yang fokus mengurus perijinan. Soalnya bila yang cari bisnis juga harus mengurus perijinan menjadi tidak fokus. 

5. Memiliki hubungan yang baik dengan kalangan pemodal

Terkadang dan sering, proyek yang ditawarkan nilainya besar dan perusahaan kita tak punya uang untuk memodali mengerjakan proyek itu. Terutama untuk membeli bahan baku material, membayar sub kontraktor, membayar tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Sebab itu, penting bagi pebisnis kontraktor punya hubungan yang kuat dengan banyak bank dan investor yang siap membantu mendanai. Jangan sampai ada peluang besar, tapi hanya gigit jari karena tak bisa mengambilnya disebabkan tak punya modal. 

6. Rapikan sistim administrasi dan pelaporan

Penting punya sistim administrasi dan pelaporan baik untuk kepentingan audit ataupun untuk kepentingan meminta dana ke bank dan investor. Kalau laporan rapi, maka investor akan percaya bahwa perusahaan ini dikelola dengan baik. Terkadang, perusahaan kontraktor di lapangan kerja dengan baik namun report administrasi jelek sehingga ketika ketemu investor dianggap perusahaan ini tidak profesional. Padahal masalahnya hanya di reportnya yang jadul dan berantakan. Sekarang ini banyak software pelaporan yang bagus dan GRATIS. Manfaatkan yang gratis-gratis itu. Tapi dampaknya sangat besar. 

7. Terus Aktif Berpromosi

Agar perusahaan jasa kontraktor Anda makin dikenal, aktif berpromosi secara langsung dan tidak langsung adalah penting. Anda bisa promosi melalui media-media seperti majalah, brosur, media elektronik, surat kabar, situs perusahaan, dan secara online. Untuk melakukan promosi, sebaiknya buat lah iklan yang semenarik mungkin. Bisa juga melalui membuat banyak plang papan nama di tepi-tepi jalan strategis. Sehingga, orang-orang akan lebih tertarik pada track record perusahaan Anda dan mencoba untuk menjadi pelanggan jasa Anda. 

8. Jaga Integritas

Integritas sangat sangat sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. Hindari sejauh-sejauhnya praktek tidak jujur, manipulasi barang, mengemplang uang dari pemberi pekerjaan dan tidak setia janji yang sudah dijanjikan di awal. Jangan sekali-kali melakukan fraud. Bisnis kontraktor adalah bisnis kepercayaan. Sekali punya noda setitik, bisa rusak susu sebelanga. Jaga kepercayaan dari mitra pemberi pekerjaan dengan menjaga integritas.  Semoga bisnis kontraktor Anda sukses.