Sabtu, 30 Juli 2022

Ini 7 Penyebab Kenapa Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua

Setiap orang tua pasti ingin punya anak yang penurut. Namun tidak semua harapan orang tua tersebut selalu berjalan mulus. Faktanya, beberapa anak justru tumbuh dengan sikap pembangkang atau tidak mau patuh terhadap orang tua. Lalu sebenarnya apa saja penyebab kenapa anak suka membangkang pada orang tua? Mungkin pertanyaan tersebut banyak terbesit di pikiran para orang tua. Ini adalah hal wajar sebagai referensi pembelajaran terkait pola asuh agar tidak salah sehingga output yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan.

Memiliki anak yang suka membangkang pada orang tua cukup merepotkan. Orang tua juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan anak secara sepihak karena ada banyak faktor yang berkesinambungan hingga hal itu bisa terjadi. Umumnya, pola asuh yang salah dari orang tua menjadi penyebab utama kenapa anak suka membangkang. Jadi sebelum menyalahkan anak, sebaiknya orang tua introspeksi terhadap cara didik yang diterapkan selama ini dengan berkaca pada teori parenting yang bisa dipelajari dari buku atau artikel.

Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua

Mempelajari ilmu parenting memang sangat penting bagi orang tua. Bahkan mereka harus mempelajarinya jauh sebelum memiliki anak sebagai bekal agar bisa mendidik anak dengan baik dan benar. Karena sikap, karakter dan perkembangan pola pikir anak sangat ditentukan oleh pola asuh orang tua. Jika ingin mendapatkan output yang bagus, maka orang tua juga harus memberikan input yang baik pula.

Lalu Apa Saja Penyebab Kenapa Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua?

Berbicara mengenai penyebab kenapa anak suka membangkang pada orang tua memang tidak bisa terlepas dari proses cara mendidik orang tua selama ini. Ada banyak hal kompleks dalam sistem pola asuh anak yang dilakukan orang tua secara tidak sadar sehingga memberikan output yang tidak baik. Salah satu cara meminimalisirnya adalah dengan melakukan perbaikan terhadap pola asuh yang salah dan meninggalkannya demi kebaikan sang anak. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin bisa membuat anak jadi pembangkang.

Orang tua Terlalu Banyak Menyuruh Tapi Tidak Memberi Contoh

Peran orang tua yang otoriter menjadi salah satu penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Dalam mengasuh anak, orang tua yang suka menyuruh tanpa memberi contoh pasti akan kurang mendapat hormat dari anak. Mereka cenderung berpikiran bahwa jika orang tuanya saja tidak melakukan, lalu untuk apa ia menyuruhnya untuk melakukan. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk memberi contoh terlebih dahulu sebelum menyuruh pada anak.

Anak Tidak Diberi Kesempatan Untuk Menyampaikan Kemauan

Anak bukanlah robot. Bagaimapun juga, mereka pasti punya passion dan keinginan mereka sendiri untuk dilakukan. Maka dari itu, mereka sangat butuh diberi kesempatan agar bisa menyampaikan dan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kemauannya selama itu bersifat positif. Selama ini banyak orang tua yang kurang memberi kesempatan pada anak untuk menyampaikan kemauan sehingga menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua.

Tidak Memberi Kesempatan Terhadap Hal Yang Disukainya

Sebenarnya setiap anak juga punya passion dalam bidang tertentu yang mungkin tidak pernah diduga oleh orang tua. Entah itu olahraga, teknologi, sains atau yang lainnya. Salah satu tugas orang tua adalah memberikan fasilitas pada anak untuk mengembangkan hal yang disukainya tersebut. Bukan justru malah tidak memberikan kesempatan sehingga anak merasa kebebasannya dalam berkembang dihalang-halangi oleh orang tuanya sendiri. Hal ini tentu dapat membuat anak menjadi pembangkang di kemudian hari.

Cara Komunikasi Yang Tidak Baik

Melakukan komunikasi dengan anak itu penting. Setiap keputusan yang terkait dengan anak sebaiknya dimusyawarahkan bersama termasuk dengan anak itu sendiri. Selain itu, sering-seringlah mengajak anak untuk negosiasi jika memang pilihan orang tua dan pilihannya berbeda. Cara komunikasi yang tidak baik hanya akan menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Oleh karena itu, selalu komunikasikan hal apa saja pada anak dan jangan memaksakan kehendak atau pilihan secara sepihak.

Suka Membandingkan Dengan Anak Lain

Salah satu kesalahan orang tua yang sering dilakukan namun tidak pernah disadari bahwa dapat menimbulkan dampak buruk adalah membandingkan dengan anak lain. Ini adalah perlakuan yang tidak dapat ditoleransi bagi anak. Maka dari itu, hal ini sering jadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Daripada membandingkan dengan anak lain, alangkah baiknya jika orang tua memberikan motivasi pada anak agar melakukan hal yang lebih baik lagi.

Baca juga:

  1. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak
  2. Awas! Ternyata Ini 9 Penyebab Anak Susah Diatur dan Nakal
  3. Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak

Tidak Menghargai Usaha Anak

Beberapa orang tua masih belum sadar cara memberi apresiasi pada usaha anak meski itu hanya hal kecil. Setiap usaha yang tidak dihargai hanya akan menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. sebagai orang tua, jika anak anda memiliki prestasi apapun itu entah diluar atau didalam sekolah, sebaiknya berikan apresiasi meskipun itu hanya hal kecil seperti memberikan ucapan selamat. Dengan begini maka anak akan merasa sangat dihargai atas apa yang telah ia perjuangkan.

Pola Asuh Yang Terlalu Kaku

Penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua yang terakhir adalah pola asuh yang terlalu kaku. Sebagai orang tua yang hidup di era modern, jangan membawa cara asuh lama seperti yang diterapakan oran tua anda beberapa puluh tahun lalu. Sebagai contoh soal pekerjaan, jangan terlalu menuntut anak menjadi PNS, Tentara, Polisi dan lain sebagainya. Karena di jaman yang canggih ini, untuk mendapatkan uang ada banyak sekali cara yang lebih modern dengan bekerja di bidang yang penuh passion.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua yang perlu anda ketahui. Jadi jangan pernah menyalahkan anak secara sepihak karena disini peran orang tua sangat menentukan. Lebih baik sama-sama introspeksi dan memperbaiki segala hal yang keliru menjadi lebih baik. Mengasuh anak memang tidak mudah, maka dari itu setiap orang tua diwajibkan belajar dan mencari bekal ilmu parenting agar bisa mendidik anak secara maksimal.

Dulunya Hanya Jualan Di Boot Kecil Di Pinggir Jalan

Bagi warga kota-kota besar, khususnya di sekitar Jakarta, tentu kenal resto Es Teler 77. Resto ini ada di banyak mall dan food court. Gerai-gerainya yang campuran warna kuning dan hijau dengan angka 77 sudah menjadi tanda yang mudah dikenali. Gerai Es Teler termasuk jaringan resto yang banyak disukai, wajar bila jumlah outletnya mencapai ratusan, tersebar di berbagai gedung dan mall. Bagi pemula bisnis resto, tentu tepat bisa mengambil inspirasi dan belajar dari KISAH SUKSES ES TELLER 77 ini dan juga menyimak bagaimana CERITA SUKSES PENDIRI ES TELLER 77. 

rahasia sukses es teller 77

Kisah sukses Es Teller 77 adalah cerita sukses kewirausahaan yang gigih yang dibangun dengan keringat dan kerja keras.  Tak heran bila jaringan Es Teller 77 bisa punya cabang resto hingga tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan juga sudah ekspansi ke sejumlah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Australia. 

Semuanya dimulai tahun 1982. Cikal bakal bisnis Es Teler 77 dimulai dari sebuah kios kecil yang sederhana, di halaman pusat perbelanjaan Duta Merlin. Kios ini didirikan oleh pasangan suami istri, yakni Murniati Widjaja dan suaminya, Trisno Budijanto.  Minuman es teler itu sendiri saat itu memang sudah menjadi nama generik, banyak pedagang minuman di kaki lima yang yang menjual minuman es teller. 

Es Teler 77 saat itu sangat laris. Apa daya, selisih harga sewa dan keuntungan yang tipis membuat Es Teler 77 harus berganti strategi pemasaran dan menutup kiosnya di Duta Merlin. Es Teler 77 kemudian mulai bergerilya membuka gerai di lokasi-lokasi lain mulai dari halaman rumah warga hingga ruko. Tak disangka meski sudah pindah lokasi Es Teler 77 tetap laris. Dari sisi pelajarannya, di bisnis makanan dan resto, cita rasa menu adalah pondadi paling penting agar konsumen menyukainya. Rasa dan lidah tidak bisa dibohongi. Kalau enak di lidah, konsumen akan datang kembali. Kalau tak enak di lidah, walau outletnya bagus, konsumen akan malas datang kemali. 

Peran Anak Mantu

Sukses Es Teller 77 tak bisa dipisahkan dari peran Sukyatno Nugroho, anak mantu pendiri Es Teller 77. Ia adalah seorang pelaku bisnis yang gigih dan kreatif. Ia berjasa besar dalam membangun bisnis franchise Es Teler 77 miliknya. Almarhum Sukiatno yang hanya lulusan SMP dan menduduki peringkat ke-40 dari 50 siswa itu sangat aktif membesarkan Es Teller 77 hingga  keluar negeri. 

Sebelum berbisnis Es Teller 77, Sukiatno awalnya mencoba menjadi salesman produk-produk gagasan di Jakarta. Berbagai profesi juga ia alami seperti sebagai pengembang gedung reklame, kantor percetakan usaha, biro jasa dan calo. Di “sekolah kehidupan” itu dia belajar penjualan dan pemasaran. Saat masih menjadi penjual Sukyatno bertemu dengan calon istrinya, Yenny Setia Widjaja, di toko peralatan elektronik di kawasan Jakarta Kota. Dengan wanita ini ia akhirnyab menikah pada tahun 1971 dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Felicia, Andrew dan Fredella.

Setelah menikah usahanya bangkrut. Ia lalu datang ketika ibu mertuanya Ny. Murniati Widjaja menjadi juara pertama dalam lomba pembuatan Es Teler yang diadakan oleh majalah Gadis pada tahun 1982. Insting bisnis Sukyatno berhasil dan ia sepenuhnya meniru tanda terima itu. Dengan modal hanya satu juta rupiah, Sukyatno memulai bisnis resto tenda booth. Karena berdiri pada tanggal 7 Juli 1982 ia memutuskan untuk menamai restorannya sebagai Es Teler 77. Dan karena resep tersebut merupakan hasil dari kontes es teller pertama dan terakhir di Indonesia, secara unik ia menambahkan “Indonesian’s Champion” sebagai slogannya. 

Jadi bisnis ini bermula dari pengumuman lomba membuat es teler tingkat nasional pada 1982. Yenny yang mengetahui ibunya hobi memasak, mendorong sang ibu terlibat dalam lomba tersebut. Berbekal nangka, avokad, dan kelapa pilihan yang dibeli sendiri ke pasar, Murniati memenangkan kompetisi nasional resep es teler tersebut. Ia lalu membuka warung kecil-kecilan.

Namun, usaha itu tak bertahan lama. Pada tahun yang sama, Murniati terpaksa menutup warungnya lantaran harga sewa melambung tinggi, tak mampu dibayarnya. Jalan keluar terbuka saat ada investor yang mau membantunya membuka kembali warung kecil-kecilan, bahkan sampai lima warung sekaligus. Seiring berjalannya waktu, bisnis es teler itu berkembang, bahkan menunya makin beragam.

Pelajaran Bisnis 

Sukses perjalanan Es Teler 77 ini adalah sebuah pelajaran bisnis. Dilai dari warung sederhana dan kecil-kecilan, hingga akhirnya bisa berkembang menjadi perusahaan yang mapan dan cukup besar. Hingga saat ini, Es Teler 77 begitu dikenal dan mudah ditemukan di banyak pusat perbelanjaan. Hebatnya, gerai Es Teler 77 acapkali ditemukan berdiri kokoh di antara gerai-gerai besar milik asing seperti KFC, McDonald’s, dan lain-lain. Omset bisnisnya tentu saja sudah lebih dari puluhan miliar. 

Meski keluarga ditinggal meninggal Trisno Budijanto, suami Murniati, dan menantunya Sukyatno Nugroho, Es Teler 77 tetap bertahan. Jumlah gerai kini mencapai ratusan cabang.

Pelajaran dari Es Teller 77, berbisnis itu awalnya umumnya tidak mudah. Jangan langsung mimpi serba enak. Tidak. Usaha awal Es Teller ini jufa tak mudah. Mulainya dari jualan di bawah tenda, bahkan warung tendanya sering dipaksa pindah oleh petugas. Ia akhirnya memutuskan untuk menyewa tempat di Pondok Indah Mall Jakarta dan bisnisnya berjalan dengan cepat. Dari sana bisnisnya mulai berkembang.  Pada tahun 1987 ia mulai membesarkan Es Telller 77 dengan pola waralaba. Cabang pertama berdiri di Solo dan disusul cabang Semarang satu minggu kemudian. Franchisee membayar dana awal dan dikenakan royalti sebesar 4 persen dari pendapatan penjualan. Pada tahun 1994 Sukyatno memutuskan untuk membuka gerainya hanya di pusat perbelanjaan, plaza atau mal. Ia pun mulai menyusun standar, sistem manajemen dan pelatihan yang baik.

Jangan lupa berpartner

Singkatnya, Es Teller 77 bisa berkembang luas juga karena bermitra dengan investor waralaba.  Es Teler 77 ini, membuat banyak orang ingin bekerja sama dengan Es Teler 77 untuk mengembangkan merek dagang ini. Tak heran, pengelolanya kemudian mulai mengembangkan konsepnya dengan pola WARALABA. Menjual hak franchise untuk buka cabang. Tahun 1987 gerai di luar Jakarta mulai dibuka dengan konsep waralaba. Saat itu Es Teler 77 adalah pelopor usaha waralaba di Indonesia dan juga salah satu pencetus berdirinya Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Terus melakukan inovasi

Inovasi usaha dengan konsep waralaba ini rupanya menguntungkan bagi perkembangan bisnis Es Teler 77. Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun Es Teler 77 sanggup membuka 100 gerai tidak hanya di Jabodetabek tapi juga di bagian timur Indonesia. Menanggapi perubahan perilaku konsumen yang lebih berfokus kepada gaya hidup, Es Teler 77 kemudian mencoba masuk ke mall. Tidak mudah memang karena pada masa itu masyarakat masih sangat ‘brand minded’. Jumlah gerai yang semakin banyak dan bertambahnya pelanggan setia membuat Es Teler 77 merasa harus mengembangkan sistem usahanya. Kepercayaan pelanggan setia tentunya akan luntur apabila kualitas pelayanan dan kelezatan makanan berkurang.

Karena itulah Es Teler 77 juga melakukan transformasi. Sistem manajemen terstruktur, pengawasan terhadap setiap gerai dan kualitas produk menjadi fokus jajaran manajemen Es Teler 77. Akhirnya diciptakanlah sistem training, pengawasan dan distribusi bahan baku produk yang tersentralisasi. Ini dilakukan agar kualitas sesuai standar.  Sistem manajemen keuangan juga dibenahi sehingga pengelolannya menjadi modern, bukan kelas warungan. Dari sisi pelajarannya, kalau usaha resto ingin maju, manajemen harus rapi, termasuk insentif ke karyawan penjaga resto, sistem teknologi informasinya, manajemen kebersihannya, dan sebagainya. 

ConocoPhillips Indonesia Segera Diakuisisi Medco

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd dengan nilai transaksi US$3,5 miliar atau setara Rp19,36 triliun (kurs Rp14.343 per dolar).

Dijelaskan dari rilis perusahaan, Kamis (20/1), rencana transaksi dilakukan oleh Medco Energi Global Pte. Ltd (MEG) yang merupakan anak perusahaan terkendali perseroan.

Rencana transaksi tersebut, dituangkan dalam suatu perjanjian jual beli bersyarat (conditional sale and purchase agreement), antara Phillips International Investments Inc. selaku penjual dengan MEG selaku pembeli, tertanggal 8 Desember 2021.

Medco menjelaskan akuisisi merupakan bagian dari strateginya  untuk meningkatkan nilai perusahaan dan terus berfokus pada integrasi yang efektif.

“Produksi Medco akan menjadi 78 persen gas setelah akuisisi dengan portfolio gas harga tetap yang lebih besar,” tulis keterbukaan informasi tersebut seperti dikutip, Kamis (20/1).

Tidak hanya itu, menurut Medco, akuisisi ini akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap (accretive) dan credit positive, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat secara signifikan.

Bacaan Terkait : 

Cara Kerja Investor Pra IPO

Melakukan go public atau IPO di bursa pasar modal memang merupakan cara mudah mendapatkan permodalan yang murah bagi pengelola korporasi.  Namun demikian, sayangnya, terkadang di beberapa situasi, perusahaan tidak bisa atau tidak baik bila langsung go public atau menjaring investor publik melalui bursa. Terkadang ada beberapa situasi yang membatasi. Dalam konteks inilah perlu adanya investor private yang bertindak sebagai investor pre IPO atau investor pra IPO. Pengelola korporasi tentu saja perlu tahu bagaimana cara kerja dan seluk-beluk investor pra IPO karena bukan tidak mungkin di masa depan butuh dan cari investor pre IPO ini. 

Memang benar, mendapatkan dana permodalan dengan cara IPO atau go public sering disebut-sebut sebagai sumber pembiayaan ekuitas perusahaan dengan biaya terendah yang bisa dilakukan perusahaan. Valuasi perusahaan di bursa saham via IPO biasanya jauh lebih tinggi daripada pendanaan di sektor perbankan atau funder swasta biasa. Namun ada sejumlah kerugian, hambatan atau kelemahan, terkadang sebuah perusahaan terkendala untuk bisa segera langsung IPO atau go public karena perusahaan mungkin baru berada di awal pertumbuhan, atau posisi ekuitasnya sedang kurang bagus atau belum bagus, atau kondisinya akan lebih bagus lagi untuk IPO bila IPO itu dilakukan 3-4 tahun kedepan dengan asumsi ada penambahan modal kerja. 

Bahkan ada kasusnya yang sering terjadi, perusahaan ini tidak usah IPO dulu dalam 2 tahun kedepan namun mencari fund dari luar investor publik di bursa untuk mendanai pertumbuhan bisnis yang sedang pesat dan butuh momentum. Perusahaan sedang berada pada periode pertumbuhan dan ekspansi yang cepat dan oleh karena itu ingin bisa membukukan kinerja keuangan yang bagus dan lebih tinggi sehingga tim manajemen ingin lebih fokus pada pencapaian pertumbuhan itu daripada melakukan IPO dulu yang terkadang memakan waktu dan melalui proses berbelit. 


Pandangan itu masuk akal. Sebab, pertanyaan terkait kapan perusahaan akan melakukan IPO, maka itu adalah pilihan yang fleksibel, IPO bisa dilakukan kapan saja. Terserah si pemilik. Namun kebutuhan pendanaan untuk mendukung pertumbuhan bisnis terkadang waktunya tidak bisa fleksible dan harus cepat tersedia agar tidak kehilangan momentum di pasar. Kebutuhannya sangat mendesak dan dibatasi oleh timing. Dalam konteks seperti inilah pentingnya perusahaan mendapatkan investor pra IPO yang bukan melalui proses go public, namun melalui kalangan terbatas atau investor private. Mereka biasa disebut sebagai investor pre-IPO atau Pra IPO. 

Investor pra-IPO bisa melakukan invest uang lalu ditukar dengan “saham biasa” oleh pemilik perusahaan, namun bisa juga dalam bentuk “instrumen hybrid” yang biasa disebut convertible note atau convertible bond. Ini adalah instrumen utang yang secara otomatis bisa dikonversi menjadi saham di perusahaan dengan diskon yang telah disepakati sebelumnya —  berapapun valuasi IPO nantinya.

  • Aneka Benefit Bila Sebuah Perusahaan Menjadi Perusahaan Publik / TBK
  • Strategi restrukturisasi hutang korporasi
  • Cara-Cara Efektif Untuk Melakukan Efisiensi Perusahaan
  • Bagi perusahaan, keberadaan investor pra IPO akan memungkinkannya untuk meningkatkan ekuitas yang membantunya menaikkan harga IPO di masa depan. 

    Bagi investor pre IPO, bahwa berapa pun harga IPO yang masuk nantinya, ia sudah akan memiliki sejumlah lot saham yang bisa diperdagangkan secara likuid kelak karena sudah lebih dulu menggenggam saham perusahaan itu melalui mekanisme pre IPO funding.

    Investor pra-IPO biasanya memiliki beberapa kriteria yang cukup ketat. Pada prinsipnya perusahaan yang mendapatkan sana pre IPO itu harus kredibel dan memang sudah punya rencana yang kuat dan jelas untuk melalukan IPO dalam 1 sampai 4 tahun kedepan. Hal ini penting bagi kedua belah pihak karena convertible bond itu merupakan instrumen utang. Jika perusahaan Anda gagal IPO dalam jangka waktu yang ditentukan sedangkan dana investor pre IPO sudah masuk , MAKA investor tidak berkewajiban untuk mengkonversi ke ekuitas dan dapat meminta pembayaran penuh dari posisi mereka. Misalnya perusahaan ada deviden maka ia juga harus dikasih sesuai porsi sahamnya. 

    Selama ini investor pre IPO itu banyak sekali digunakan oleh perusahaan, termasuk di Indonesia. Namun polanya memang diam-diam. Jarang orang luar yang tahu.  Contohnya ada perusahaan jaringan rumah sakit yang sebenarnya bisa melakukan IPO namun mereka sedang akan melakukan akuisisi perusahaan lain. Perusahaan yang akan IPO ini telah mencapai EBITDA lebih dari Rp 160 miliar dan memulai proses IPO. Tapi ada peluang akuisisi perusahaan lain yang memungkinkan valuasinya menjadi jauh lebih menarik (kelipatan EBITDA 4x). Tapi untuk akusisi perusahaan itu membutuhkan pendanaan Rp 200 miliar. 

    Masalahnya, ruang pendanaan dengan pinjam ke bank sudah tertutup. Semua asetnya sudah dijaminkan. Di lain sisi, semua tim sudah sepakat bahwa akuisisi itu perlu dilakukan dan sinergi direalisasikan sebelum mereka IPO. Mengingat mereka memiliki jalur yang jelas untuk IPO dalam 12 bulan ke depan, perusahaan itu kemudian datang ke investor pre-IPO.

    Dari investor pre-IPO itu, si perusahaan mendapatkan pinjaman dalam bentuk convertible bond dengan tingkat bunga 10% dan diskon 20% dari harga IPO di masa depan. Perusahaan itu, setahun kemudian kemudian benar-benar listed dengan IPO di bursa saham dengan valuasi ~8x EBITDA karena sudah melakukan akuisisi yang didanai oleh convertible bond si investor pre IPO. 

    Diatas itu contoh sukses perusahaan  yang sukses bekerjasama dengan investor pre IPO.

    SAMA SAMA SENANG

    Jadi, bagi perusahaan itu, dana dari convertible bond di investor Pre IPO itu sangat sangat membantu dan berharga bagi valuasi perusahaan. Di lain sisi, bagi si investor pra-IPO yang masuk, mereka juga happy karena bisa memetik pendapatan dari investasinya dengan tingkat IRR 30%. Tentu ini return investasi yang bagus, apalagi kalau horison investasinya hanya 1-2 tahun saja. Jadi, sama-sama senang. Biasanya, investor pre IPO masuk 1-2 tahun sebelum IPO dengan menanamkan uangnya yang ditukarkan dengan convertible bond atau saham biasa, dan biasanya ia akan melalukan exit untuk menjual sahamnya pada saat IPO, atau setahun setelah IPO, tergantung kesepakatan dengan pendiri perusahaan. Biasanya dibuatkan kesepakatan agar ketika investor itu eksit tidak membuat harga sahamnya yang listed di bursa anjlok gara-gara terdengar isu sentimen jual saham. Jadi, disepakati kedua pihak agar sama sama win-win.  

    Dari perspektif perusahaan,  hadirnya investor pra-IPO adalah cara untuk mengumpulkan uang sebelum go public. Ini juga merupakan cara untuk mengimbangi risiko bahwa harga IPO akan BELUM TENTU SANGAT SUKSES, dan harga tidak akan langsung naik setelah dibuka. Terlebih lagi dan seringkali, investor dalam penjualan pribadi ini adalah investor institusional dan membantu perusahaan dengan masalah tata kelola dan dilembagakan sebelum melakukan IPO.

    Bagaimanapun juga, perusahaan yang sedang berkembang akan banyak butuh uang tunai, tidak terkecuali untuk mendanai IPO perusahaan itu sendiri. Proses IPO itu butuh persiapan di belakang layar seperti menyiapkan akun bersejarah di bawah standar akuntansi yang benar dan mengadopsi sistem dan kontrol manajemen yang proper. Pendanaan pra-IPO juga dapat membantu perusahaan memenuhi kewajibannya untuk memiliki modal kerja yang cukup tersedia untuk 12 (atau lebih mungkin 18) bulan pertama hidupnya sebagai perusahaan publik. Dengan adanya dana pra-IPO menempatkan perusahaan pada posisi yang cantik ketika memilih waktu untuk melakukan IPO-nya. Perusahaan dapat terus tumbuh selama proses persiapan IPO dan juga memutuskan untuk menunggu beberapa bulan dan menunggu kondisi pasar saham yang sulit jika ini diperlukan.

    Di lain sisi, dari sudut pandang investor,  ia bisa memiliki saham dalam jumlah harga per saham yang  didiskon  dari harga nyata IPO kelak. Bahkan, pembelian pun biasanya dilakukan tanpa prospektus dan tanpa jaminan bahwa listing publik akan terjadi. Harga diskon adalah kompensasi untuk ketidakpastian ini. Degan kata lain,  hal itu memberikan akses bagi investor pada titik masuk yang lebih rendah untuk beli saham dibanding saat IPO. 

    Pastinya, bila perusahaan Bapak/Ibu butuh investor pre IPO atau pra IPO, saya punya kawan yang memang bisnisnya melakukan investasi di perusahaan yang akan IPO. 

    Bagi Bapak/Ibu yang butuh investor tipe tersebut, bisa hubungi kami di.

    HP / WA :  0812 8554 5155  

    Email   :  investindobca@gmail.com

    #cara kerja investor pra IPO #pra IPO

    Bacaan Terkait: 

    Jurus Jitu Menjadi Pengusaha Importir Yang Sukses

    Menjadi pebisnis yang hidup dari memasarkan produk impor sekarang ini menjadi peluang yang menarik. Maklum, tingkat konsumsi produk di dalam negeri makin banyak dengan kebutuhan produk dan barang yang beraneka ragam. Sedangkan di luar negeri banyak produk bagus yang belum ada di Indonesia atau kalaupun ada harganya jauh lebih mahal. Sudah wajar bila kemudian terpikir untuk menjadi importir produk itu di Indonesia dan memasarkannya di Indonesia.  Saatnya pebisnis muda belajar bagaimana JURUS DAN TIP MENJADI PENGUSAHA IMPORTIR yang sukses  dan survive di bidang EXPORT-IMPORT (EXIM). 

    Menjadi pengusaha importir bisa dilakukan siapa, tidak harus oleh mereka yang anak pengusaha. Juga tidak harus dilakukan pengusaha keturunan Tionghoa. Siapa saja bisa menggeluti bisnis ini. Yang penting mau belajar dan berani memulai, serta aktif membangun jaringan bisnis di luar negeri sebagai sumber pasokan barang yang akan diimpor dan jaringan bisnis dalam negeri untuk penjualan dan distribusi. 

    Jurus Sukses Importir

    Yang juga penting, memulai bisnisnya step by step. Jangan langsung bermimpi besar, langsung punya pabrik besar. Bisnis bisa dimulai dari mengimpor barang dagangan dari luar negeri yang punya pasar bagus di Indonesia. Jaman sekarang peluang bisnis banyak, yang penting ulet dan sabar menekuni sembari terus belajar.

    Banyak  pengusaha yang sukses menjalankan bisnis impor, kulakan dari luar negeri. Lalu, jualannya melalui para agen di seluruh Indonesia yang ia tunjuk dan juga melalui jualan online di berbagai ecommerce dan market place seperti Shopee dan Bukalapak. Omset dia sudah miliaran per bulan.

    Bisnis impor memang sangat menjanjikan dan sebenarnya memiliki peluang besar untuk dikerjakan oleh siapapun yang mau bekerja keras untuk sukses.  Pebisnis impor biasanya punya margin keuntungan yang bagus. Selain dari keuntungan yang besar, Anda pun bisa memperluas networking bisnis hingga ke mancanegara. Semakin banyak kolega bisnis di luar negeri, Anda bisa mendapatkan banyak tentang pengetahuan tentang impor yang Anda belum ketahui. Bisnis impor juga memiliki daya saing yang rendah, sehingga peluang Anda untuk sukses semakin besar

    Untuk mencari produk yang diimpor, saat ini sumber informasi sangat banyak. Bisa melalui jaringan sosial media internasional, hingga ke pameran dagang.  Di China banyak sekali pabrik yang khusus dibuat untuk memproduksi barang dengan merek sesuai pesanan pembeli. Nyaris barang apa saja bisa diproduksi disana. Dari mulai casing HP sampai sandal dan perabot listrik.  

    Namun untuk membeli dari barang dari luar negeri memang perlu hati-hati. Kita perlu pintar mencari penjual yang memberikan harga terbaik namun tetap menawarkan kualitas barang yang baik pula. Hal ini selain dapat menaikkan laba, juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pembelian barang. Hal lainnya yang perlu diperhatikan ialah modal yang cukup. Salah satu hal yang menjadi tantanfan dalam bisnis ini ialah modal yang besar. Hal ini dikarenakan sebagai seorang importir, stok barang perlu selalu tersedia, agar pelayanan ke konsumen cepat dan menghemat pengiriman barang dari luar negeri.

    Dalam hal pembayaran misalnya, kita butuh hat-hati dalam mengurusi LC/SKBDN Impor yang memberikan keamanan pembayaran bagi Nasabah karena pembayaran hanya dilakukan jika dokumen yang diterima telah sesuai dengan syarat dan kondisi LC/SKBDN. 

    Hal pertama yang bisa dicoba adalah mencari tahu kebutuhan market dan jenis pasar yang akan disasar. Kita perlu memahami jenis pasar yang ingin dituju. Tujuannya agar saat memulai bisnis impor barang, cara pemasaran yang digunakan dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.  Namun, jika Anda belum mengetahui target pasar yang dituju, bisa dimulai dari bisnis yang kita sudah pengetahuan terhadap pasarnya. Kita mesti mempelajari apakah target pembeli untuk barang yang akan kita jual ini cukup luas atau tidak.

    Pilih Jenis Produk yang Cocok dengan Target Pasar. Ada banyak jenis produk yang bisa diimpor dari China, seperti mainan anak-anak, produk fashion, produk kebutuhan rumah tangga, atau produk unik dan lucu. Pilih produk yang sesuai dengan target pasar yang telah anda tetapkan. Jika Anda mengkhususkan target pembeli kepada ibu rumah tangga, produk kebutuhan rumah tangga impor dari China bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk kebutuhan rumah tangga dari China ini memiliki berbagai variasi, seperti peralatan dapur, pemotong buah dan sayur, hingga rak khusus dapur tersedia. Tinggal Anda cari produk China Home Daily yang ingin diimpor.

    Sebaiknya untuk tahap awal, memulai dari impor barang yang memiliki durasi kadaluarsa yang panjang. Tidak gampang rusak dan jualannya sulit.  Lalu, belajarlah untuk memahami Peraturan Undang-Undang tentang Bisnis Impor. Jika Anda serius terjun dalam bisnis importir barang dari China, pastikan Anda memahami peraturan perundang-undangan Pabean di Indonesia dan di China. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena ketidaktahuan tentang peraturan dan hukum di Indonesia. Beberapa peraturan yang perlu anda pahami adalah ketentuan Impor barang kiriman, standarisasi dan penilaian keseuaian (SNI), dan badan pengawas obat dan makanan (BPOM). Selain berisiko kehilangan uang, Anda bisa ditangkap karena melakukan pengimporan yang tidak sesuai dengan undang-undang alias ilegal.

    Pilih Produk yang Unik dan marketnya besar

    Mengimpor barang palsu dapat menjadi masalah didalam negeri

    Banyak perusahaan China memproduksi barang kw atau palsu dari barang-barang merek terkenal. Hindari mengimpor barang kw atau palsu. Tujuannya agar Anda tidak tersandung dengan masalah peraturan dan hukum tentang hak paten. Jangan sampai barang yang diimpor ke Indonesia disegel dan disita oleh Pejabat Bea dan Cukai. 

    Bayangkan berapa banyak kerugian yang diderita atas penyegelan dan penyitaan? Oleh karena itu, pilihlah produk dengan merek asli China. Selain terhindar dari masalah hukum, Anda menjual produk impor otentik asli buatan China.

    Cari Dan Riset Data Supplier yang Tepercaya Di Luar Negeri

    Hati-hati terhadap penipuan. Permasalahan yang sering terjadi saat mencoba berbisnis impor barang dari China adalah kesulitan mencari supplier yang tepercaya. Banyak sekali importir yang terkena penipuan, Supplier tidak mengirimkan barang yang di janjikan kepada pembeli. Untuk menghindari risiko bertemu dengan supplier nakal, Anda bisa mengajukan trade insurance di aplikasi Aliexpress atau Alibaba.  Selain itu, pastikan supplier yang bekerja sama dengan Anda di marketplace tersebut memiliki reputasi baik. Hal ini biasanya ditandai dengan gold verified. 

    Bangun Jaringan Market dan jalur distribusi dalam negeri

    Pasar dalam negeri harus serius dibangun. Kembangkan jalur distribusi dan bangun beberapa agen. Jangan bergantung ke satu agen atau satu distributor saja. Karena kalau satu agen mati, maka tamatkan bisnis impor kita. Untuk manajemen resiko, bangun beberapa agen. Idealnya per kota ada satu agen. Kalau tak bisa, setidaknya tiap agen diberi wilayah pasar sendiri agar tidak saling kanibal. Carilah kawan yang sudah lama kenal dan jujur untuk menjadi agen. Kalau perlu bantu ia dari sisi permodalan, pengetahuan dan jaringan untuk membesarkan pasar di areanya. Mereka adalah ujung tombak dari market bisnis Anda.  Tunjuklah anak buah untuk mengelola masing-masing area agar bisa fokus. Berilah pelayanan pelanggan yang prima ke mereka. 

    Gunakan Jalur Online

    Jalur online baik untuk sourcing maupun penjualan semakin penting. Untuk jalur sourcing atau pembelian, media online Alibaba memiliki SOP yang terpercaya

    Ada berbagai banyak jalur untuk mengimpor produk dari China. Salah satunya melalui jalur online. Dengan menggunakan jalur online, seperti jalur marketplace online, misalnya Alibaba.com, Anda bisa mendapatkan produk-produk China yang diinginkan. 

    Selain itu, jalur online lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu mengurus berbagai dokumen atau membutuhkan prosedur apa pun. Biaya pengiriman barang untuk sampai ke Indonesia pun telah ditanggung oleh pihak toko online atau marketplace. 

    Carilah 3-4 pemasok utama yang loyal dan bisa diandalkan. Kalau kita punya 4 sumber impor, akan membuat bisnis stabil dan bisa saling menutupi bila ada yg gagal. Jangan hanya bergantung satu pemasok dari luar negeri. Bila yaang satu itu collaps, perusahaan kita juga bisa ikut collaps. 

    Bacaan Terkait : 

    Mengintip "Dapur" Sukses Starbucks

    rahasia dapur sukses starbucks

    Sudah menjadi pengetahuan kita, Starbucks Corp adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia saat ini. Jaringan kafe ini memiliki lebih dari 20.891 toko di 62 negara dengan hampir 13.000 di antaranya di Amerika Serikat saja. Perusahaan memiliki pendapatan lebih dari $ 14 miliar mempekerjakan lebih dari 170.000 orang di seluruh dunia. Banyak pebisnis di berbagai penjur dunia yang ingin tahu bagaimana sejarah Starbucks,  kenapa bisa besar, apa yang menjadi faktor sukses Starbucks dan bagaimana rahasia manajemen  Starbucks.

    Di negeri kita ini jaringan Starbucks juga sudah ada dimana-mana, di mall-mall besar di Indonesia. Bahkan di sejumlah mall ada tiga outlet Starbuck di dalam mall itu. Misalnya di Mall Kelapa Gading, Mal Plaza Senayan dan Grand Indonesia yang disana masing-masing ada tiga outlet Starbuck dalam satu mall. 

    Starbucks dimulai oleh tiga mantan mahasiswa Universitas San Francisco bernama Jerry Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker. Pada awalnya rencana bisnis mereka adalah menjual biji kopi dan peralatan pemanggangan berkualitas tinggi, namun  tidak menyangka dan tidak punya harapan kesuksesan yang besar dari bisnis kafe kedepan.  

    Toko kafe pertama Starbucks pertama dibuka pada 30 Maret 1971 di Seattle, Washington. Toko pertama mereka berlokasi di 2000 Western Avenue dan menjual kopi biji utuh yang dipanggang hingga tahun 1976. Segera mereka memindahkan toko mereka ke 1912 Pike Place Market di mana mereka mulai menjual kopi espresso pada tahun 1986.

    Peranan Howard Schultz 

    Kesuksesan Starbucks yang menjadi pemain terbesar jaringan kafe dunia tidak lepas dari peran Howards Schultz. Memang, pendiri Starbucks adalah Jerry Baldwin, Gordon Baker, dan Zev Siegl, namun Schultz yang membuatnya menjadi perusahaan besar dunia. Ia memang bukan pendiri Starbucks tetapi ia yang punya ide dan strategi menjadi pemain global. 

    Kisah Howard Schultz yang awalnya hanya karyawan hingga menjadi pemilik Starbucks patut disimak. Howard adalah sosok kreatif dan banyak ide yang membuat Starbuck besar dan mendunia. Ia yang membuat Starbuck menjadi pemain kafe kelas dunia dan ada di ratusan negara. Ia yang jago strategi pemasaran, bukan sekedar tahu cita rasa kopi.

  • Cara kerja dan seluk-beluk investor private equity
  • Sejumlah investor asing cari kongsi bisnis di Indonesia
  • 31 Cara Untuk Mengamankan Cashflow Perusahaan
  • Belajar Dari Pengusaha Muslim Terkaya Dunia, Azim Premji
  • Cari perusahaan yang berjalan baik untuk diakuisisi sahamnya
  • Cerita Di Balik Kisah Sukses Pemilik Jaringan Alfamart
  • Mengenal Cara Kerja Investor Private Equity
  • Cara Kerja dan Seluk-Beluk Investor Pre IPO
  • Howard Schultz lahir pada tanggal 19 Juli 1953 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Fred Schultz seorang pensiunan tentara dan ibunya bernama Elaine Schultz.

    Kondisi keluarga Howard Schultz sangat miskin ketika itu. Saat ia masih kecil, ia dan keluarganya pindah ke wilayah Tenggara Brooklyn. Ketika usia 12 tahun, Howard Schultz sudah bekerja sebagai loper koran  untuk membantu kehidupan keluarganya. Ayahnya bekerja sebagai seorang sopir truk dengan penghasilan pas-pasan. Ketika ia berumur 16 tahun, ia bekerja sebagai penjaga toko. Ia hanya bersekolah hingga SMA dan tidak melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi karena tidak memiliki uang yang cukup.

    Beruntung, Howard Schultz sangat pandai dibidang olahraga terutama olahraga basket dan juga sepakbola di sekolahnya. Ia kemudian menerima beasiswa sepak bola dari Northern Michigan University pada tahun 1970. 

    Setelah mendapatkan gelar bidang ilmu komunikasi dari Northern Michigan University pada tahun 1975, Howard Schultz kemudian mulai bekerja di Xerox Corporation dengan posisi sales representatif. Sebagai staff penjualan.  Setelah lama bekerja di Xerox, Schultz kemudian pindah kerja ke perusahaan asal Swedia bernama Hammarplast yg bisnisnya menjual peralatan pembuat kopi di Amerika. Schultz bekerja sebagai direktur penjualan untuk wilayah pemasaran Amerika Serikat.

    Pada tahun 1980an, Schultz kemudian mengunjungi salah satu pelanggannya yakni kedai kopi yang baru dibeli oleh Starbucks Coffee Company yang saat itu masih kecil di wilayah Seattle, Amerika Serikat. Schultz amat penasaran sebab pelanggannya tersebut banyak memesan plastik kecurut penyaring untuk membuat kopi. Ia juga takjub dengan semangat dari pendiri Starbuks dalam membuat kopi dan pengetahuannya tentang kopi.

    Meskipun perusahaan Starbucks kala itu masih sangat kecil dan hanya memiliki beberapa kedai kopi saja namun penjualannya tiap bulan menunjukan peningkatan yang bagus. Hal itu membuat Howard Schultz menjadi tertarik dengan Starbucks. Ia kemudian menelpon pendiri Starbucks kala itu yakni Jerry Baldwin dan memohon untuk dipekerjakan disana. Saat itu Starbucks sudah berusia 10 tahun. 

    Di Starbucks, Posisi Howard Scultz sebagai direktur pemasaran perusahaan kopi tersebut. Gaji yang ia terima lebih kecil saat ia bekerja di Hammarplast. Saat ia melakukan perjalanan bisnis di Milan, ia menyadari bahwa banyak kedai kopi di kota tersebut yang tidak hanya menyajikan sebuah kopi espresso yang bagus namun juga kedai kopi disana dapat dijadikan sebuat tempat untuk pertemuan. 

    Setelah kembali ke Amerika, Schultz kemudian membujuk pemilik Starbucks agar kedai kopi mereka bisa menawarkan kopi espresso bukan hanya kopi biasa, teh seperti yang biasa mereka tawarkan kepada pembeli. Schultz juga menyarankan agar Starbucks mengubah konsep kedai kopinya agar mirip seperti sebuah restoran dimana pembeli dapat bersantai menikmati kopi mereka.

    Namun usulan dari Schultz ditolak oleh Jerry Baldwin, alasannya mereka belum siap untuk masuk ke bisnis restoran seperti yang ditawarkan oleh Schultz. Akhirnya Schultz kemudian memutuskan untuk keluar dari Starbucks pada tahun 1985. Schultz kemudian bertekad mendirikan kedai kopi sesuai dengan keinginannya. Namun usaha tersebut tidaklah mudah. Modal yang ia butuhkan sebesar 400.000 dollar. Ia tidak mempunyai uang sebanyak itu. Disisi lain istrinya juga sedang mengandung anak pertama mereka yakni Eliahu Jordan Schultz.

    Pemilik Starbucks saat itu yakni Jerry Baldwin dan Gordon Bowker menawarkan bantuannya, Schultz juga menerima modal sebesari 100.000 dollar dari seorang dokter yang amat terkesan dengan usaha Schultz.

    Tahun 1986, Schultz akhirnya punya modal yang ia butuhkan untuk mewujudkan idenya. Kedai kopi pertamanya ia beri nama Il Giornale. Kedai kopi Schultz tidak hanya menawarkan kopi saja melainkan juga es krim. Kedainya juga menyediakan tempat duduk untuk menikmati kopi dan alunan musik khas Italia.

    Menjadi Pemilik Starbucks

    Dua tahun setelah kedai Il Giornale milik Schultz berdiri, manajemen Starbucks memutuskan untuk menjual unit bisnis Starbucks kepada Schultz senilai 3,8 juta dollar AS. Setelah menjadi pemilik Starbucks, Schultz kemudian mengganti nama Il Giornale  menjadi Starbucks. Setelah itu, ia kemudian bekerja keras memperluas jaringan kedai kopi Starbucks ke seluruh wilayah Amerika Serikat. Pengalaman serta pengetahuan Schultz dibidang pemasaran membuat jaringan kedai kopi Starbucks berkembang dengan pesat.

    Pada tanggal 26 juni 1992, Starbucks resmi melantai di bursa saham membuat kekayaan Schultz terus meningkat. Schultz juga menulis buku Pour Your Heart Into It: How Starbucks Built a Company One Cup at a Time. Buku keduanya berjudul Onward: How Starbucks Fought for Its Life Without Losing Its Soul.

    Sejak itu kedai kopi Starbucks terus menunjukan peningkatan yang pesat. Jaringannya terus tumbuh dibanyak negara.  Namun pada tahun 2008, Starbucks yang berstatus sebagai jaringan kedai kopi raksasa di seluruh dunia goyah. Manajemen bekerja dengan profesional.

    Hingga kemudian Howard Schultz kembali menjabat sebagai CEO Starbucks. Schultz kemudian menutup beberapa kedai Starbucksnya sebagai langkah antisipasi. Selain itu, ia juga rajin memberikan pelatihan ke karyawannya mengenai kemampuan dasar pengelolaan kopi.

    Setelah mengakuisisi saham Starbuck, ia lalu secepatnya mengembangkan bisnis dengan membuka gerai baru di luar Seattle ke seluruh dunia. Karena popularitas Starbucks yang cepat, Schultz berada di bawah tekanan untuk memulai lebih banyak toko secepat mungkin . Sejak itu Starbuck terus tancap gas ekspansi. 

    Pada tahun 2013 ia  mengambil alih seluruh operasi  Starbuck di dunia dengan fokus baru dalam membuka toko di negara-negara Asia Selatan dan Amerika Selatan. Starbucks populer untuk menjual berbagai jenis kopi tetapi juga menjual minuman dingin dan panas lainnya, sandwich, kue kering, dan makanan ringan.

    Starbucks juga berfokus untuk membuat produk lebih spesifik dengan budaya dan cita rasa lokal. Jadi juga menjual buku, musik, film dan es krim sesuai ketersediaan lokal. Dari menjual biji sangrai di tahun 1970-an hingga memiliki pendapatan bersih lebih dari $1 miliar memang merupakan pencapaian yang luar biasa. Howard Schultz telah berkontribusi pada strategi pertumbuhan agresif yang telah berhasil diikuti Starbucks untuk mencapai posisinya saat ini. Kini bisnis Starbuck terus berkembang. 

    Salah satu pelajaran dari Starbuck, terkadang dibutuhkan orang yang berbeda antara yang jago soal cita rasa menu dan orang yang ahli mengurusi pemasaran dan bisnis.  Starbuck, bila masih dipegang tiga pendirinya saja, belum tentu bisa menjadi pemain dunia. Ia mungkin menjadi pemain yang masih eksis tapi hanya di kota tertentu di Amerika.  Dalam berbagai bisnis, butuh kehadiran orang seperti Howard Schultz yang secara teknis mungkin ia tidak tahu sangat detil soal aroma kopi yang spesific, tapi ia tahu bagaimana membuat bisnisnya menjadi besar sehingga bisa terus berkembang, tidak mati dalam satu generasi. Ya, dalam bisnis memang butuh sinergi antara sejumlah tim manajemen dengan kompetensi yang saling melengkapi.  

    Bacaan lain: 

  • Ini Dia Raja Bisnis Minyak Goreng Dari Bekasi
  • Teladan Kepemimpinan Di  Perusahaan Tekstil Gistex
  • Pasangan Ini Sukses Membangun Jaringan Resto Takigawa
  • Kisah Sukses Pendiri Hotel Syariah Pertama di Medan 
  • Kisah Sukses Pendiri Red Bean Resto
  • Kiprah Lima Sekawan Besarkan Bisnis Pendidikan BSI
  • Robin Wibowo dan Bisnis Furniture Mewah Veranda
  • Strategi Sukses DataOn Memasarkan Aplikasi HR
  • Belajar Dari Pengusaha Muslim Terkaya Dunia, Azim Premji
  • Strategi Mars Group Bangun Rantai Pasok Cokelat di Indonesia
  • Belajar Dari Sukses Kosmetik Lokal Merek La Tulipe
  • Jago Membuat Software Akuntansi, Perusahaan Ini Punya Lebih Dari 50 Ribu Pelanggan

     Di dunia bisnis di Indonesia, nama Zahir Accounting sudah dikenal sebagai market leader untuk aplikasi akuntansi atau software akuntansi. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Zahir Internasional, perusahaan pembuat software yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia sejak tahun 1996. Zahir Accounting ini sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar. Bahkan produk software yang dibuatnya juga sudah punya banyak varian dan generasi. Perusahaan yang jago membuat software ini bisa menjadi salah satu  contoh bagi generasi muda dan pelaku bisnis di Indonesia bahwa perusahaan Indonesia juga bisa membuat software sendiri yang bagus. Kisah sukses software Zahir Accounting bisa menjadi inspirasi bagi kebangkitan pemain lokal. 

    Zahir kini dikelola sekelompok anak muda yang didukung programmer andal yang membuat produk hebat, punya tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf dukungan pelayanan yang terbaik. Sejarahnya, Zahir itu sendiri dirintis oleh Fadil Fuad Basymeleh, yang waktu itu masih berstatus sebagai mahasiswa ITB jurusan Fisika angkatan 1991. Di pertengahan 1900-an, antara 1995 sampai 1996, Fadil menjalankan bisnis advertising (periklanan). Ketika mengelola bisnis periklanan itu ia butuh laporan instan yang cepat. Seperti ada pertanyaan, ‘hari ini utang berapa, sih?’ Atau pertanyaan lainnya terkait pencatatan keuangan. Ia mengalami kesulitan. Dari sana ia terpikir untuk membuat software accounting. Jadi awalnya berangkat dari kesulitan yang ia alami sendiri.

    Zahir, jagonya software akuntansi

    Ia dibantu teman-temannya akhirnya berhasil membuat software tersebut. Mulai 1996 sampai 1997, ia dan timnya mulai memasarkan software accounting tersebut. Cita-cita baik mereka rupanya tak bertepuk sebelah tangan. Satu demi satu, mulai banyak yang berminat menjadi user produk software-nya. Rupanya banyak perusahaan small and medium enterprise yang mempunyai kebutuhan dan kesulitan yang sama. Zahir membuat terobosan dengan mengembangkan aplikasi accounting yang simpel, mudah digunakan, namun powerfull.

    Singkat cerita, perkembangan Zahir Accounting bak roket. Tumbuh cepat. Sebagai leader, Fadil juga aktif mempromosikan produknya di berbagai ruang dan forum. Dari 1996 sampai 1999, bisnisnya terus growing baik. Tak heran, pada 2000  kantor pindah dari Bandung ke Jakarta. Di Jakarta pun terus berkembang dan sejak 2004 juga ekspansi dengan membuat kantor di beberapa daerah, seperti di Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan sekarang sudah lebih dari 30 kota di Indonesia. Bahkan pelanggannya juga ada kalangan perusahaan Timur Tengah, Jepang, Italia.

    Manajemen Zahir Accounting yakin kedepan potensi pasar industri software masih sangat baik. Pada awal kelahiran Zahir pada 1996-1997, pebisnis Indonesia melihat teknologi bukan bagian yang penting dari bisnis. Namun, kalau sekarang seiring berkembangnya telepon pintar, orang semakin sadar bahwa teknologi tak bisa dipisahkan dari bisnis. Pasar accounting software pun tumbuh dengan luar biasa. Kalangan pengelola usaha semakin sadar dan membutuhkan software untuk mengambil sebuah keputusan yang cepat. Sehingga tidak ada penolakan dari penggunaan software. Dengan menggunakan software, semua transaksi tercatat dan dalam mengambil keputusan pun lebih cepat.

    Selama ini Zahir fokus di software accounting. Dengan fokus pada software accounting, diharapkan akan terus berkembang di sisi software-nya. Manajemen Zahir berpikir agar bagaimana dari hari ke hari software ini semakin mudah, powerfull dan dimengerti, serta membantu pengusaha dan entry user. Kami juga berusaha agar dekat dengan pelanggan. Sekarang ini calon suer sudah bisa dengan mudah membeli software online. Namun juga  memberikan training bagaimana cara menggunakan software tersebut, bagaimana kalau ada troubleshooting pun bisa langsung ditanyakan.

    Sudah lebih dari 5 tahun Zahir merilis produk Zahir Online. Sebelumnya produk Zahir berbasis desktop, di PC, laptop. Makin ke sini, ada internet dan Indonesia yang memiliki wilayah luas dan kepulauan menjadi tantangan tersendiri untuk kami. Bagaimana perusahaan bisa mengelola keuangan perusahaan di beberapa tempat yang terpisah dengan jarak dan pulau. Zahir Online yang berbasis web memberikan kemudahan bagi pelanggan. Ketika mereka butuh pengelolaan yang terintegrasi online, mereka langsung bisa menggunakan. Bahkan juga sudah menggunakan pola cloud. 

    Zahir Accounting ini sudah berevolusi dan kini makin komplit. Dulu Zahir Accounting versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Selanjutnya pada tahun 1997 ia dikembangkan ke versi 2.0 dan dipasarkan mulai tahun 1999.  Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, pengembangan software Zahir ke versi-versi berikutnya dan layanan purnajual pun terus dilakukan secara berkesinambungan. PT Zahir Internasional telah menciptakan berbagai edisi software yaitu Zahir Accounting 6, Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir Report Server 6, Zahir Sales Order Mobile, Zahir Enterprise Plus, dan Zahir Online. Kami menyebutnya sebagai The Best Business Management Software.

    Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50.000-an pengguna (user/ lisensi) di Indonesia serta mancanegara. Jumlah itu pun senantiasa bertambah. Kini Zahir telah banyak tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia berupa kantor pusat dan cabang, gerai, agen, dan reseller.

    PT Zahir Internasional juga banyak membantu bidang pendidikan dengan giat menyediakan software Zahir Accounting ke sekolah menengah (SMA/ MA/ SMK) dan perguruan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR). Sampai dengan saat ini Zahir Accounting telah digunakan di lebih dari 30 perguruan tinggi ternama di Indonesia.

    Zahir telah memperoleh beberapa anugerah di tingkat nasional sebagai bukti nyata kesungguhan mengembangkan mutu produk dan layanan purnajualnya, di antaranya Penghargaan APICTA Indonesia oleh Menkominfo tahun 2002-2004, Penghargaan Presiden RI tahun 2003, Penghargaan Enterprise 50 tahun 2006, Juara Pertama Teknopreneur Award tahun 2008, dan Best Choice Award tahun 2013. Selain itu, PT Zahir Internasional juga telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2010.

    Tentu saja Zahir bisa menjadi contoh bahwa anak muda lokal juga bisa membuat software bisnis yang handal dan bisa berkembang baik. 

    Bacaan Terkait: