Rabu, 05 Januari 2022

Cara Menghapus Halaman di PDF dengan Cepat

Kalau anda sedang mengedit file-file PDF, dan anda menemukan halaman PDF tertentu yang salah dan ingin anda hapus, maka anda sebenarnya bisa menghapusnya melalui fasilitas yang disediakan oleh software PDF tersebut. Biasanya software Nitro Pro PDF menyediakan fitur untuk menghapus halaman PDF tertentu. 

 

Tetapi sayangnya, kebanyakan fitur delete PDF pada software-software PDF seperti Nitro PDF, sifatnya adalah trial. Anda hanya bisa menggunakannya beberapa kali dan setelah itu, untuk mendapatkan fasilitas delete PDF-nya anda harus membayar (premium). 

Namun tenang saja, anda bisa menghapus halaman PDF dengan cepat melalui situs ilovepdf.com, tanpa dipungut biaya apapun. Yap, disini kita akan membahas cara menghapus halaman PDF dengan cepat dengan fasilitas ilovepdf, yang bisa digunakan setiap saat secara free.

CARA MENGHAPUS HALAMAN DI PDF DENGAN CEPAT 

1. Buka situs ilovepdf.com bagian remove page. Untuk lebih cepatnya, anda bisa masuk langsung masuk kesini: Ilove PDF Remove Pages. 

2. Setelah itu, akan muncuk tampilan berikut: 

3. Lalu pilih PDF yang ingin anda hapus halamannya

Misalnya saya memilih file PDF saya sebanyak 2 halaman. Maka akan muncul seluruh tampilan halaman PDF pada situs ilovepdf sebagai berikut: 

Cara Menghapus Halaman di PDF dengan Cepat

Untuk menghapus halaman PDF, maka langkah pertama anda bisa klik halaman PDF yang ingin anda hapus. Misalnya saya ingin menghapus satu halaman, maka saya klik halaman PDF tersebut (perhatikan nomor 1).

Kemudian anda bisa klik Remove Pages (perhatikan nomor 2), maka halaman PDF anda otomatis akan dihapus. Setelah anda klik Removes Page dan halaman PDF anda dihapus, maka file PDF anda yang baru otomatis akan terdownload. Kalau belum terdownload, anda bisa klik Download PDF seperti contoh tampilan berikut: 

Maka kini PDF anda sudah terupdate, dan halaman-halaman yang salah pada PDF anda sudah hilang. Itulah cara menghapus halaman di PDF dengan cepat. 

Cara ini memang membutuhkan koneksi internet. Tetapi anda hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menghapus halaman PDF melalui cara ini, dan tidak perlu berbayar. 

Anda bisa terus menggunakan fasilitas ilovePDF sampai kapanpun. Sedangkan kalau anda menggunakan software seperti nitro PDF, biasanya dibatasi trial sampai beberapa hari saja, setelah itu anda harus membayar layanan premiumnya.

Seringkali kalau anda sudah menggunakan layanan remove PDF di Nitro PDF, maka anda sudah tidak bisa menggunakannya lagi, karena anda harus membayar layanan tersebut. Demikian juga pada tool-tool PDF lainnya seperti PDF Xchange View.  

Jadi buat anda yang ingin menghapus PDF dengan cara yang paling cepat dan simpel, anda bisa gunakan cara-cara di pos ini. Semoga bermanfaat. 

Sabtu, 01 Januari 2022

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro

SYARIAHPEDIA.COM – Menimbang bahwa keperluan masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan dan dalam bidang investasi, pada masa kini, memerlukan jasa perbankan; dan salah satu produk perbankan di bidang penghimpunan dana dari masyarakat adalah giro, yaitu simpanan dana yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan penggunaan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan.  Namun kegiatan giro tidak semuanya dapat dibenarkan oleh hukum Islam (syari’ah). Oleh karena itu, Dewan Syari’ah Nasional (DSN) memandang perlu menetapkan fatwa tentang bentuk-bentuk mu’amalah syar’iyah untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan giro pada bank syari’ah.

Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari’ah Nasional pada hari Sabtu, tanggal 26 Dzulhijjah 1420 H./1 April 2000 menetapkan Fatwa DSN-MUI No.01 tentang Giro sebagai berikut:

Pertama : Giro ada dua jenis

  1. Giro yang tidak dibenarkan secara syari’ah, yaitu giro yang berdasarkan perhitungan bunga.
  2. Giro yang dibenarkan secara syari’ah, yaitu giro yang berdasarkan prinsip Mudharabah dan Wadi’ah.

Kedua : Ketentuan Umum Giro berdasarkan Mudharabah

  1. Dalam transaksi ini nasabah bertindak sebagai shahibul maal atau pemilik dana, dan bank bertindak sebagai mudharib atau pengelola dana.
  2. Dalam kapasitasnya sebagai mudharib, bank dapat melakukan berbagai macam usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syari’ah dan mengembangkannya, termasuk di dalamnya mudharabah dengan pihak lain.
  3. Modal harus dinyatakan dengan jumlahnya, dalam bentuk tunai dan bukan piutang.
  4. Pembagian keuntungan harus dinyatakan dalam bentuk nisbah dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening.
  5. Bank sebagai mudharib menutup biaya operasional giro dengan menggunakan nisbah keuntungan yang menjadi haknya.
  6. Bank tidak diperkenankan mengurangi nisbah keuntungan nasabah tanpa persetujuan yang bersangkutan.

Ketiga : Ketentuan Umum Giro berdasarkan Wadi’ah

  1. Bersifat titipan.
  2. Titipan bisa diambil kapan saja (on call).
  3. Tidak ada imbalan yang disyaratkan, kecuali dalam bentuk pemberian (‘athaya) yang bersifat sukarela dari pihak bank.
Baca Selengkapnya dan Download Fatwa DSN-MUI No.01 tentang Giro DISINI

Fatwa DSN-MUI No. 05 Tentang Jual - Beli Salam

SYARIAGPEDIA.COM – Menimbang bahwa jual beli barang dengan cara pemesanan dan pembayaran harga lebih dahulu dengan syarat-syarat tertentu, disebut dengan salam, kini telah melibatkan pihak perbankan, serta bahwa agar cara tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran Islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang salam untuk dijadikan pedoman oleh lembaga keuangan syari’ah. 

Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari’ah Nasional pada hari Selasa, tanggal 29 Dzulhijjah 1420 H./4 April 2000 menetapkan fatwa DSN-MUI No.5 tentang jual-beli salam dengan ketentuan sebagi berikut:

Pertama : Ketentuan tentang Pembayaran

  1. Alat bayar harus diketahui jumlah dan bentuknya, baik berupa uang, barang, atau manfaat.
  2. Pembayaran harus dilakukan pada saat kontrak disepakati.
  3. Pembayaran tidak boleh dalam bentuk pembebasan hutang.

Kedua : Ketentuan tentang Barang

  1. Harus jelas ciri-cirinya dan dapat diakui sebagai hutang.
  2. Harus dapat dijelaskan spesifikasinya.
  3. Penyerahannya dilakukan kemudian.
  4. Waktu dan tempat penyerahan barang harus ditetapkan berdasarkan kesepakatan.
  5. Pembeli tidak boleh menjual barang sebelum menerimanya.
  6. Tidak boleh menukar barang, kecuali dengan barang sejenis sesuai kesepakatan.

Ketiga : Ketentuan tentang Salam Paralel (السلم الموازي) 

Dibolehkan melakukan salam paralel dengan syarat, akad kedua terpisah dari, dan tidak berkaitan dengan akad pertama.

Keempat : Penyerahan Barang Sebelum atau pada Waktunya

  1. Penjual harus menyerahkan barang tepat pada waktunya dengan kualitas dan jumlah yang telah disepakati.
  2. Jika penjual menyerahkan barang dengan kualitas yang lebih tinggi, penjual tidak boleh meminta tambahan harga.
  3. Jika penjual menyerahkan barang dengan kualitas yang lebih rendah, dan pembeli rela menerimanya, maka ia tidak boleh menuntut pengurangan harga (diskon).
  4. Penjual dapat menyerahkan barang lebih cepat dari waktu yang disepakati dengan syarat kualitas dan jumlah barang sesuai dengan kesepakatan, dan ia tidak boleh menuntut tambahan harga.
  5. Jika semua atau sebagian barang tidak tersedia pada waktu penyerahan, atau kualitasnya lebih rendah dan pembeli tidak rela menerimanya, maka ia memiliki dua pilihan:
    a. membatalkan kontrak dan meminta kembali uangnya,
    b. menunggu sampai barang tersedia.

Kelima : Pembatalan Kontrak

Pada dasarnya pembatalan salam boleh dilakukan, selama tidak merugikan kedua belah pihak.

Baca Selengkapnya dan Download Fatwa DSN-MUI No.05 tentang Jual-Beli Salam DISINI

Kamis, 02 Desember 2021

Pengertian Retur & Jurnal Retur Pembelian dan Retur Penjualan

Di dalam transaksi akuntansi, kita mengenal istilah transaksi RETUR. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, retur artinya adalah kembali. Dalam konteks transaksi dagang dan keuangan, retur dapat diartikan sebagai pengembalian barang oleh pelanggan karena barang diterima tidak sesuai dengan harapan pelanggan. 

 

Retur (pengembalian barang) biasanya terjadi karena beberapa hal: Barang yang dipesan rusak, barang tidak sesuai spesifikasi, atau barang yang dikirim ternyata sudah expired. Beberapa hal inilah yang menjadi penyebab utama retur barang. 

Dalam transaksi dagang, retur dibagi menjadi dua yaitu: RETUR PEMBELIAN DAN RETUR PENJUALAN. 

RETUR PEMBELIAN 

Retur pembelian adalah pengembalian barang dari pembeli kepada penjual, yang disebabkan karena barang yang diterima tidak sesuai ekspektasi (cacat / rusak, kadaluarsa, tidak sesuai spesifikasi dan lain-lain). Retur pembelian dapat dibagi menjadi dua, yaitu: 

1. Retur pembelian secara tunai, yaitu barang yang dikembalikan pada penjual atas barang yang telah dibeli secara tunai, dengan perjanjian bahwa barang dapat diretur yang diikuti dengan pengembalian pembayaran. 

2. Retur pembelian secara kredit, yaitu barang yang dikembalikan pada penjual atas transaksi yang belum lunas (dibayar kredit). Jika retur pembelian secara kredit terjadi, maka pada pencatatan akuntansi, utang pembelian pada penjual akan berkurang. 

Retur pembelian membuat utang dagang pembeli kepada penjual berkurang, sehingga pada jurnal akuntansi retur pembelian dicatat di sisi kredit (berkurang), dan utang dagang dicatat di sisi debit (berkurang).

RETUR PENJUALAN 

Retur penjualan adalah penerimaan barang oleh penjual yang sudah dikembalikan pihak pembeli. Sama seperti retur pembelian, pengembalian barang dapat dikarenakan barang mengalami kerusakan, tidak sesuai spesifikasi atau kadaluwarsa. Terdapat tiga jenis retur penjualan: 

1. Retur penjualan yang mengembalikan kas pembeli

2. Retur penjualan yang mengurangi piutang pembeli 

3. Retur penjualan untuk mengganti barang yang rusak dengan barang yang baru 

Retur pembelian dan retur penjualan tentu saja dapat diminimalkan penjual. Sebelum mengirimkan barang, penjual harus cek terlebih dahulu kualitas barang, tanggal expired dan harus memenuhi request / kebutuhan pelanggan. 

Hal ini karena retur yang besar akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Apabila retur dapat diminimalkan, maka kerugian perusahaan juga dapat berkurang. 

Pada retur penjualan, piutang penjual terhadap pembeli akan dikurangi, sehingga pada pencatatan jurnal akuntasi, retur penjualan akan bertambah masuk di debet dan piutang dagang akan berkurang masuk di kredit. 

JURNAL RETUR PEMBELIAN 

Jurnal retur pembelian kredit

Jurnal retur pembelian tunai

Berikut contoh soal untuk jurnal retur pembelian: 

1/12 PT Maju membeli barang dagang secara tunai sebesar Rp30.000.000

7/12 PT Maju membeli barang dagang secara kredit sebesar Rp100.000.000 

15/12 Pembeli mengembalikan barang dagang yang dibeli tanggal 1/12 sebesar Rp3.000.000 

21/12 Pengembalian barang dagang yang dibeli tanggal 7/12 sebesar Rp10.000.000

27/12 Melunasi utang pembelian barang dagang tanggal 7/12 

Soal: Buatlah jurnal retur pembelian dan jurnal untuk seluruh transaksi diatas

Jawaban:

Jurnal Retur Pembelian


Pembahasan jurnal retur pembelian

Tanggal 1 Desember membeli barang secara tunai. Berarti pembelian bertambah dan kas berkurang. Lalu tanggal 7 Desember membeli barang secara kredit, berarti pembelian bertambah dan utang dagang juga bertambah. 

Tanggal 15 Desember terjadi retur pembelian dari transaksi tunai tanggal 1 Desember, maka kas akan bertambah karena uang pembeli dikembalikan dan retur pembelian juga bertambah, sehingga masuk di kredit. 

Tanggal 21 Desember terjadi retur atas pembelian kredit yang terjadi tanggal 7 Desember. Maka jurnlanya utang dagang akan berkurang dan retur pembelian bertambah (masuk di kredir). 

Tanggal 27 Desember perusahaan melunasi utang pembelian yang terjadi di tanggal 7 Desember. Maka utang dagang berkurang dan kas juga berkurang. Namun perusahaan hanya melunasi / membayar utangnya sebesar Rp90.000.000 bukan Rp100.000.000. 

Hal ini karena pada tanggal 21 Desember sudah dikurangi dengan retur pembelian kredit sebesar Rp10.0000.000, sehingga utang yang perlu dilunasi sebesar Rp90.000.000. 

JURNAL RETUR PENJUALAN

Retur Penjualan Kredit

Retur Penjualan Tunai

Berikut contoh soal retur penjualan dan jurnalnya: 

PT Makmur Abadi menjual barang dagangan sebesar Rp100.000.000. 70% dijual secara tunai dan 30% sisanya secara kredit. Perusahaan memiliki Harga Pokok Penjualan sebesar Rp50.000.000 dan Persediaan Akhir sebesar Rp30.000.000. 

Penjualan barang sebesar Rp25.000.000 akan dikembalikan karena adanya cacat produk dan tidak sesuai dengan spesifikasi, dengan rincian Rp15.000.000 adalah pengembalian secara tunai dan Rp10.000.000 adalah pengembalian penjualan secara kredit. 

Dari sini, kita dapatkan data bahwa terjadi retur penjualan tunai sebesar Rp15.000.000 dan retur penjualan kredit sebesar Rp10.000.000. Kemudian persediaan akan bertambah sebesar Rp25.000.000 (karena barang dikembalikan sehingga menambah persediaan), dan Harga Pokok Penjualan (biaya barang yang dijual) akan berkurang dengan nilai yang sama. 

Sehingga berikut adalah jurnal retur penjualan-nya: 

Itulah pengertian retur beserta contoh jurnal retur pembelian dan retur penjualan. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan di dalam praktik akuntansi dagang. 

Rabu, 01 Desember 2021

Kelebihan dan Risiko Investasi Reksadana

Di pasar modal terdapat beberapa macam instrumen investasi, yaitu saham, obligasi dan reksadana. Investasi reksadana adalah investasi yang sangat populer dan digemari oleh seluruh kalangan mulai dari kalangan muda hingga tua (usia pensiun).  Ya, jadi pada pos ini kita akan membahas tentang investasi reksadana. 


Menurut Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995, pasal 1 ayau (27) reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. 

Jadi dengan investasi reksadana, anda hanya perlu menempatkan modal pada instrumen reksadana dana, dan reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi agar bisa menghasilkan return yang maksimal. 

Investasi reksadana berbeda dengan trading saham, di mana trading saham anda perlu aktif untuk memantau pasar. Sedangkan investasi reksadana ibarat seperti deposito, di mana anda tidak perlu melakukan apapun dan hanya menempatkan modal. Namun imbal hasil reksadana diatas return deposito. 

Ada beberapa jenis investasi reksadana yang bisa dibeli oleh investor, yaitu: 

1. Reksadana pasar uang

Merupakan reksadana yang portofolio-nya berisi instrumen pasar dengan jatuh tempo dibawah 1 tahun. Tujuannya adalah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. 

2. Reksadana pendapatan tetap (obligasi)

Merupakan reksadana yang portofolionya berisi 80% instrumen obligasi (surat utang) dan sisanya campuran pasar uang. Return lebih besar daripada pasar uang namun risiko juga lebih tinggi. Tujuan reksadana ini untuk menghasilkan pengembalian lebih stabil. 

3. Reksadana campuran 

Merupakan reksadana yang berisi campuran dari saham, pasar uang, obligasi (efek bersifat utang).

4. Reksadana saham 

Merupakan reksadana yang portofolionya berisi minimal 80% instrumen saham, sisanya adalah instrumen pasar uang, atau surat utang (obligasi). Risiko reksadana ini paling tinggi namun potensi return juga paling besar. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. 

Dalam investasi reksadana, anda harus memahami kelebihan investasi reksadana dan risiko investasi reksadana. Hal ini karena anda harus paham kelebihan dan risiko jika anda ingin melakukan investasi pada instrumen tertentu.  

Sekarang kita akan bahas apa saja keuntungan atau kelebihan berinvestasi pada instrumen reksadana, dan risiko-risiko yang akan anda hadapi dengan investasi reksadana. 

KELEBIHAN INVESTASI REKSADANA

1. Dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional 

Portofolio reksa dana dikelola oleh manajer investasi, di mana manajer investasi harus memiliki izin OJK dan memenuhi persyaratan integritas untuk bisa mengelola reksadana. Manajer investasi juga diawasi oleh OJK secara berkelanjutan. 

2. Harga terjangkau 

Nilai / harga pembelian reksadana relatif terjangkau, dan nilai minimal investasi di reksadana juga relatif kecil, sehingga instrumen investasi reksadana sangat bersahabat untuk pemula. 

3. Diversifikasi portofolio 

Dalam reksadana, manajer investasi selalu mendiversifikasikan portofolio secara menyebar, sehingga bisa meminimalkan risiko berinvestasi. Misalnya, reksadana pendapatan tetap tidak hanya berisi satu obligasi tetapi terdiri dari beberapa obligasi dan campuran dengan instrumen pasar uang. 

Reksadana juga memungkinkan investor untuk melakukan diversifikasi investasi. Misalnya, reksadana campuran terdiri dari instrumen saham, obligasi dan pasar uang, sehingga investor bisa memiliki tiga instrumen sekaligus. Investor juga memiliki banyak pilihan reksadana yang bisa dimanfaatkan untuk investasi. 

4. Likuid

Dana yang diinvestasikan bisa dijual kembali (redeem) sewaktu-waktu berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang dihitung setiap hari bursa.  

5. Transparan 

Anda bisa mendapatkan seluruh informasi tentang reksadana yang anda investasikan, termasuk informasi pengelola dan risiko yang diuangkapkan dalam prospektus. Selain itu, perkembangan nilai NAB reksadana juga bisa anda lihat pada aplikasi.

6. Aset nasabah reksadana disimpan dalam penitipan kolektif di Bank Kustodian (bankcruptcy remoteness)

7. Efisiensi waktu 

Portofolio investasi reksadana dikelola langsung oleh manajer investasi profesional, sehingga investor tidak perlu memantau portofolionya karena sudah diserahkan dan dikelola oleh manajer investasi. 

8. Mempermudah investor dalam melakukan investasi 

Reksadana memudahkan investor untuk melakukan investasi di pasar modal, khususnya bagi investor yang ingin investasi pada instrumen saham (investor bisa memilih reksadana saham).

Karena pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki waktu untuk memilih saham-saham yang bagus untuk diinvestasikan. Dengan adanya reksadana, maka investor tinggal memilih instrumen reksadana yang berisi portofolio yang bagus. 

RISIKO INVESTASI REKSADANA 

1. Risiko nilai Unit Penyertaan 

Unit Penyertaan reksadana juga bisa berkurang, karena dipengaruhi oleh turunnya harga saham, obligasi atau surat berharga lainnya yang termasuk di dalam portofolio reksadana tersebut.  

2. Risiko likuiditas 

Risiko likuiditas merupakan risiko tidak dapat dilakukan penjualan kembali (redemption) unit penyertaan reksadana karena kondisi-kondisi berikut: 

  • Kondisi di Bursa Efek, di mana sebagian besar portofolio efek reksadana yang diperdagangkan dihentikan sementara 
  • Adanya keadaan darurat
  • Pembatasan redemption sesuai kontrak 

3. Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik yang dapat memberikan pengaruh terhadap harga efek di pasar modal. 

4. Risiko wanprestasi 

Merupakan risiko terburuk yaitu risiko terjadinya gagal bayar, baik bunga maupun pokok dari surat utang yang dimiliki oleh reksadana. 

Itulah kelebihan dan risiko investasi reksadana. Supaya dapat meminimalkan risiko dalam investasi reksadana, maka sebelum memilih reksadana, disarankan untuk melakukan cross cek kinerja reksadana tersebut. 

Pilihlah reksadana yang memiliki track record bagus dan manajer investasi yang terpercaya (bisa lihat melalui prospektus reksadana), agar risiko-risiko tersebut dapat ditekan. 

Cara investasi reksadana cukup mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK, beberapa diantara adalah aplikasi Bibit atau Bareksa. Anda bisa top up modal dan memilih reksadana sesuai dengan profil masing-masing. 

Selasa, 30 November 2021

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Setiap perusahaan pasti membutuhkan departemen cleaning service. Di dalam perusahaan, cleaning service memiliki tugas utama yang berkaitan dengan kebersihan area perusahaan, kantor dan pabrik. Cleaning service bertugas untuk memastikan kebersihan lingkungan perusahaan. 

 

Peran cleaning service tentu sangat penting di dalam perusahaan. Oleh karena itu, performa cleaning service hendaknya dinilai agar dapat diberikan evaluasi, masukan serta reward apabila kinerja cleaning service sesuai apa yang diharapkan. 

Dalam hal ini, cleaning service harus memiliki Key Performance Indicator (KPI) yang dapat digunakan untuk mengukur performa kinerja departemen cleaning service. 

Namun untuk cleaning service, KPI sebaiknya diberikan untuk per individu, karena performa bagus tidaknya cleaning service juga sangat bergantung pada pekerjaan setiap orang, sehingga tidak bisa disama-ratakan. 

Sebagai contoh, cleaning service yang bertugas membersihkan area kantor, tentu saja memiliki penilaian yang berbeda dengan cleaning service yang bertugas membersihkan area produksi. Jadi setiap individu harus diberikan KPI tersendiri untuk dinilai kinerjanya, berdasarkan job desc masing-masing. 

Pada pos ini, kita akan membahas contoh KPI cleaning service yang bisa diaplikasikan di dalam perusahaan anda. Contoh KPI ini bisa anda gunakan untuk anda yang masih belum paham indikator-indikator apa saja yang sebaiknya dimasukkan di dalam KPI cleaning service. 

CONTOH KPI CLEANING SERVICE 

Contoh KPI Cleaning Service

Keterangan: 

Max = semakin besar skor, maka nilainya semakin bagus

Capaian pada tabel diatas adalah angka pencapaian tahun lalu

Target KPI adalah target yang harus dicapai, dasar penentuan angkanya berdasarkan capaian tahun sebelumnya, dan penetapan angka target berdasarkan keputusan manajemen 

Penilaian untuk kinerja cleaning service bisa dilakukan oleh kepala pimpinan atau manajer cleaning service. Kecuali untuk KPI nomor 4 yang berkaitan dengan kepuasan user, maka kinerja cleaning service dinilai oleh seluruh departemen perusahaan.    

Penilaian bisa menggunakan skor 0-100, atau pakai skala likert 1-5. Pada contoh diatas, kita pakai skala likert 1-5 di mana: 

1 = Sangat buruk 

2 = Buruk

3 = Cukup

4 = Baik

5 = Sangat baik

Berikut masing-masing penjelasan untuk setiap poin KPI Cleaning Service:

1. Sikap kerja 

Sikap kerja berkaitan dengan: Tingkat kehadiran (absensi), kedisiplinan seorang cleaning service (sering terlambat atau selalu on time, pekerjaannya sering tertunda atau tidak, sering lembur diluar hal-hal yang tidak perlu atau selalu tepat waktu, sering terlambat ke kantor setelah jam istirahat atau selalu on time) dan juga komunikasi.

Komunikasi disini bisa dinilai dengan komunikasi antar cleaning service, komunikasi cleaning service dengan atasan dan koordinasi di divisi itu sendiri. 

Semakin tinggi tingkat kehadiran (sedikit absen), kedisiplinan yang tinggi dan komunikasi yang baik di dalam divisi cleaning service, maka skor KPI akan semakin tinggi.  

2. Kinerja pelayanan 

Kinerja pelayanan ini berkaitan dengan TANGGUNG JAWAB yang diemban dan kemampuan seorang cleaning service untuk menyelesaikan pekerjaannya dan berkoordinasi dengan divisi-divisi lain berkaitan dengan hal-hal kebersihan area lingkungan perusahaan. 

Kinerja cleaning service seperti menyapu ruangan, mengepel, membersihkan kaca, mengontrol kebersihan pada area yang ditugaskan, koordinasi dengan divisi lain, membersihkan langit-langit ruangan, membersihkan peralatan produksi, memelihara sarana dan fasilitas akan dinilai efektifitasnya oleh kepala divisi cleaning service. 

Semakin bagus kinerja pelayanan, maka skor KPI yang didapatkan akan semakin tinggi. Demikian pula sebaliknya. 

3. Tingkat inisiatif 

Seorang cleaning service juga dapat dinilai tingkat inisiatif dan keaktifan di dalam bekerja. Tingkat inisiatif disini adalah inisiatif seorang cleaning service ketika rekan kerja membutuhkan bantuan, atau membantu pekerjaan-pekerjaan fisik misalnya mengangkut dokumen-dokumen penting jika pada saat itu sedang kekurangan tenaga. 

Apakah seorang cleaning service bersikap cuek, menunggu disuruh pimpinan atau memang ada inisiatif untuk membantu rekan kerja yang membutuhkan? Nah, poin ini juga akan dinilai oleh manajer yang akan masuk di dalam KPI cleaning service per individu. 

4. Kepuasan user (peer review)

Cleaning service berkaitan dengan pekerjaan kebersihan seluruh area perusahaan. Maka dari itu, bagus tidaknya kinerja cleaning service pasti akan dirasakan secara langsung oleh user. User disini adalah departemen-departemen lain yang ada di perusahaan seperti departemen pembelian, penjualan, accounting, produksi dan lain-lain. 

Untuk mengukur performa kinerja cleaning service, seluruh departemen di perusahaan bisa diberikan angket penilaian kinerja yang berisi poin-poin tertentu misalnya: 

  • Seberapa puas departemen lain terhadap kebersihan kantor?
  • Seberapa kooperatif / komunikasi cleaning service terhadap departemen lain?  

Dari situlah kinerja cleaning service akan dinilai oleh departemen lain. Apabila cleaning service bekerja dengan baik, pasti user akan merasakan manfaat adanya cleaning service, sehingga nilai Kepuasan User semakin tinggi, dan akan memberikan pengaruh pada skor KPI.

5. Safety cleaning service 

Pekerjaan cleaning service juga memiliki risiko, terutama jika bekerja di area pabrik dengan banyak mesin (ketika melakukan pembersihan mesin), atau ketika membersihkan langit-langit kantor, atau membersihkan kaca dengan posisi yang tinggi. 

Risiko kecelakaan kerja rentan terjadi, sehingga safety cleaning service sebaiknya juga dinilai. Perusahaan hendaknya memberikan pelatihan-pelatihan mengenai keamanan & kecelakaan kerja pada cleaning service juga meminimalkan risiko-risiko tersebut. 

Jika kasus kecelakaan semakin banyak, apalagi jika kasus-kasus yang sama terulang, hal ini juga akan mempengaruhi KPI cleaning service, karena kecelakaan kerja juga akan membuat pekerjaan menjadi tidak produktif. 

Itulah contoh KPI cleaning service dan penjelasannya. Setiap perusahaan mungkin memiliki job desc cleaning service yang sedikit berbeda tergantung dari jenis industrinya. 

Pekerjaan cleaning service di mall tentu agak berbeda dengan pekerjaan cleaning service di pabrik apalagi cleaning service bagian produksi. Tapi setidaknya KPI cleaning service ini adalah KPI dengan poin-poin yang mayoritas bisa diterapkan secara umum. Anda bisa adopsi sesuai kebutuhan perusahaan.