Sabtu, 30 Juli 2022

Dimulai Dari 3 Orang, Koperasi Syariah Ini Beraset Rp 1,2 Triliun

Siapa bilang umat Islam lemah dalam berbisnis dan berdagang. Semua tergantung visi, kesungguhan, komitmen dan kesediaan bekerja keras dari para subyeknya. Sudah banyak yang membuktikan bahwa organisasi usaha yang dibangun komunitas muslim juga bisa sukses dan berkembang. Tengoklah Koperasi KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera yang berpusat di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. 

Diam-diam, koperasi syariah ini sudah membukukan aset Rp 1,2 triliun. Luar biasa. Jelas, ini bukan angka yang kecil. Menarik belajar dari kiat dan kisah sukses koperasi syariah ini, apalagi awalnya mereka hanya dikelola oleh 3 orang sarjana yang ketiganya bukan lulusan dari fakultas ekonomi.

Didirikan tahun 1996, koperasi syariah ini dirintis oleh beberapa pemuka Muslim di Rembang, seperti H. Aris Munandar, H. Wiratmoko, dan H. Nowohadi TS. Mereka bervisi  untuk tidak hanya berpikir dan beribadah mahdoh, namun juga ingin melakukan amal sholih yang dapat bermanfaat untuk orang banyak. Maka kemudian dicoba rintislah sebuah Lembaga Keuangan Mikro yang dapat memberdayakan umat untuk mencapai kesejahteraan. Ide itu kemudian gayung bersambut dengan ICMI Rembang yang saat itu didirikan yang kemudian organisasi itu membantu menjembatani unit usaha baru ini. 

Saat itu lalu ditunjuk dua orang, yakni H. Muskuri Zuhdi Lc, seorang Kyai di Rembang,  untuk mendirikan BMT di wilayah Rembang (sekarang BMT Shohibul Ummat).  Adapun H. Abdullah Yazid seorang Kyai yang juga pedagang kelontong di Pasar Lasem, mendirikan BMT di wilayah Lasem (sekarang bernama KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera/BUS).  Kedua kyai itu menjadi pilar berdirinya BMT di Kabupaten Rembang yang didorong oleh ICMI. 

Koperasi Bina Ummat Sejahtera (BUS)  itu sendiri didirikan pada tahun 1996 dengan berbadan hukum Koperasi Serba Usaha (KSU).  Menarik, dibawah kepengurusan H. Abdul Yazid pada awal berdirinya, BMT BUS hanya dikelola oleh 3 orang sarjana yang mana ketiganya bukanlah lulusan dari ekonomi. Ketiga orang tersebut adalah Drs. Ahmad Zuhri dengan latar belakang pendidikan keguruan, Drs. Saifudin dengan latar belakang pendidikan publistik, Drs. Rokhmad dengan latar belakang  pendidikan ilmu syariah. Meskipun dari ketiganya tidak ada yang berlatar belakang ekonomi namun berkat kekuatan niat dan semangat berhasil  menghantarkan BMT Bina Umat Sejahtera menjadi lembaga yang saat ini mampu bersaing di kancah perekonomian nasional.

Ketika awal didirikan, fokus utamanya menentukan segmentasi pasar yang tepat. BMT Bina Umat Sejahtera ini sengaja fokus menggarap para pedagang di pasar tradisional yang berada pada kelompok menengah kebawah. Pasalnya, kelompok ini rentan akan praktek hutang renternir, dimana mereka menggunakan pinjaman modal dari para pemilik uang dengan bunga yang relatif tinggi yang tidak sesuai dengan syariat islam. Ketiga tokoh diatas untuk mendirikan BMT Bina Umat Sejahtera dalam rangka ingin membangun ekonomi yang syariah.

Menarik, koperasi ini awalnya hanya bermodal Rp 2 juta dari pengelola yang berjumlah 3 orang. Ketiganya keluar-masuk pasar untuk memberikan bantuan permodalan dengan menggunakan sistem bagi hasil. Perilaku sistem bagi hasil ini ternyata menarik minat para pedagang kecil mereka seolah mendapatkan angin segar dan perlahan melepaskan diri dari praktek renternir. Berkat kegigihan dan semangat yang dimiliki oleh para pengelola, perlahan namun pasti menunjukan pertumbuhan yang signifikan baik dari segi jumlah anggota yang dilayani maupun nominal pembiayaan yang diberikan. 


Selain memberikan pembiayaan, para pengelola juga memberikan edukasi kepada para anggota agar menyisihkan hasil usaha sebagai simpanan yang digunakan untuk kepentingan yang tidak terduga. Edukasi ini membuat banyak anggota pembiayaan yang awalnya hanya mempunyai pembiayaan, pada akhirnya juga mempunyai simpanan, mungkin simpanan yang mereka miliki tidak terlalu besar akan tetapi mereka para anggota sudah ikut serta dalam peningkatan aset yang dimiliki BMT Bina Ummat Sejahtera. 

Dengan berjalannya waktu badan hukum yang semula KSU ini kemudian disempurnakan menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSPS). Kemudian disempurnakan lagi menjadi Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal wat Tamwil “Bina Ummat Sejahtera” atau yang biasa kita kenal dengan nama KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera. 

Kini KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) sudah menjelma menjadi salah satu koperasi syariah terbesar di Indonesia, dengan aset sekitar Rp 1,2 triliun. Koperasi ini punya 118 kantor layanan yang tersebar di 7 (tujuh) propinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, DIY, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Koperasi syariah ini bisa berkembang karena punya produk-produk syariah yang dipercaya pelanggannya seperti simpanan, simpanan haji, pembiayaan modal kerja, dan sebagainya, yang berdasarkan syariah. Sektor yang dilayani antara lain pertanian, perdagangan, jasa, perikanan, industri, dll. Termasuk memberikan pembiayaan pengadaan / jual beli barang, misalnya ada anggota yang membutuhkan barang yang dapat dipergunakan untuk aktifitas sehari-hari. Pembiayaan pengadaan (jual-beli) barang ini menggunakan akad pembiayaan murobahah.

Bacaan Terkait : 

Belajar Berani Berbisnis Dari Pendiri Sinarmas Group, Group Bisnis Terbesar di Indonesia

Bagi pebisnis sekarang, tentu tahu Group Sinarmas, perusahaan yang di dalamnya bisa jadi terdapat lebih dari 500 perusahaan dengan sekitar 7 divisi bisnis.  Mulai dari perkebunan, produsen kertas, keuangan, manufaktur, properti, telekomunikasi hingga pertambangan. Group ini selalu masuk dalam tiga group perusahaan terbesar di Indonesia. Di industri perkebunan sawit, group ini adalah yang terbesar dengan land bank kebun ratusan ribu ha. Pemiliknya pun selalu masuk dalam Top 5 orang-orang terkaya di Indonesia. Sebelum menjadi pengusaha terkaya di Indonesia, ia sudah berkali-kali bangkrut habis uangnya. 



Group Sinarmas didirikan oleh almarhum Eka Tjipta Widjaja, pria yang lahir pada 27 Februari 1921 di Quanzhou, China dengan nama Oei Ek Tjhong. Ia memang perantau. Ia sampai usia 9 tahun berada di kampung halaman itu, namun setelah itu migrasi Indonesia pada 1932, yakni bersama dengan ibunya bermigrasi ke Makassar menyusul ayahnya yang sudah terlebih dahulu sampai di sana. 

Eka ini memang sosok yang pekerja keras. Dan bisnisnya dimulai dari berdagang, dagang apa saja, yang penting survive. Saat masih bocah 15 tahun, dia sudah berwirausaha menjajakan biskuit dan permen. Tanpa segan, dia berjualan dengan cara mengendarai sepeda di penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Cerita Heroik Saat-Saat Di Makassar

Saat itu Sang ayah  di Makassar sudah punya rumah. Meski dindingnya terbuat dari bambu (gedhek). Dan atapnya dari rumput. Mungkin maksudnya: daun rumbia. Sang ayah sudah punya usaha kecil-kecilan. Toko sederhana. Eka tidak ingin sekolah dulu. Ingin membantu ayahnya. Yang ia pilih adalah: menjajakan barang mirip yang ada di toko ayahnya. Ke kampung-kampung. Ia tidak mau hanya ikut menjaga toko. Tapi memilih ‘jemput bola’ ke rumah konsumen. Ia jualan, menjajakan dagangan ayahnya. 

Ketika umurnya 12 tahun ayahnya minta Eka sekolah. Di sekolah Tionghoa Makassar. Ketika ditest kemampuannya masih terbatas. Ia ketinggalan dibanding teman seumurnya. Eka disuruh memulai dari kelas satu tapi tidak mau, ingin langsung kelas tiga, karena merasa  sangat malu kalau harus satu kelas dengan anak umur 7 tahun.

“Saya terus pegangi kaki kepala sekolah. Saya ciumi kaki itu,” ujar Eka.

Kepala sekolah iba. Eka dimasukkan kelas tiga. Tapi bahasa Mandarin pun belum bisa. Semua pesimis Eka akan bisa naik kelas. Akhirnya ia diterima di SD itu. 

Tamat SD Eka tidak mau sekolah lagi. Logikanya: sekolah agar bisa bekerja. Saya harus bisa bekerja tanpa sekolah. Kalau siang untuk sekolah tidak bisa bekerja. Kalau siang untuk bekerja bisa sekolah malam. Siang hari Eka bekerja. Hasil kerjanya untuk memanggil guru. Malam hari. Belajar di rumahnya. Ijazahnya memang hanya SD tapi pengetahuannya tidak kalah dengan tamatan SMA. Plus pengalaman kerja.

Setamat SD Eka mulai berpikir untuk bisa dagang, cari duit. Ia mendatangi grosir dan ingin dipinjami biskuit 4 kaleng untuk ia jual. Cara bayarnya, setelah biskuitnya laku baru dibayar. Tapi sayang, tidak ada yang mau memberinya biskuit. Ia dianggap masih anak-anak. Tapi Eka tak kurang akal. Ia lantas menyerahkan ijazah SD-nya. Sebagai jaminan. Dapatlah ia 4 kaleng biskuit. Dari toko yang ia ingat betul namanya: Ming Heng. Habis dalam dua hari. Uang pun disetor. Untuk ambil yang baru. Lama-lama ambil enam kaleng. Ijazah dikembalikan. Eka sudah mendapat kepercayaan penuh.

Eka lantas bisa membeli sepeda. Cukup untuk mengangkut enam kaleng biskuit. Omsetnya tidak pernah lagi naik. Kapasitas sepedanya terbatas 6 kaleng. Omsetnya baru naik ketika Eka bisa membeli becak bekas. Yang tidak ada joknya. Khusus untuk angkut biskuit. Bisa 18 kaleng.

Eka membayar tukang becak. Lima gulden sebulan. Dalam empat tahun ia bisa mengumpulkan tabungan 2.500 Gulden. Ia minta ijin ayahnya. Memperbaiki rumah. Habis 1.000 Gulden.

Dinding bambu diganti dengan kayu. Atap daun diganti seng. Sisanya ditabung. Ingin sekolah ke Tiongkok. Atau ke Hongkong. Sambil mencari tambahan tabungan itu ia ikutkan arisan tender. Caranya: siapa yang mau memberi bunga tertinggi yang menang. Belum ada deposito waktu itu. Orang seperti Eka tidak akan bisa diterima bank.

Tahun 1941 Jepang masuk Makassar. Keadaan kacau. Ekonomi hancur. Tabungan itu hilang bersama yang menang tender. Itulah kejatuhan pertama Eka. Masih remaja sudah merasakan ludes. Ia pun tidak tahu apa yang bisa dikerjakan.

Cara Kerja dan Seluk-Beluk Investor Pre IPO

Di zaman perang seperti itu. Ia lebih banyak bermain di pantai Losari. Saat duduk-duduk di bebatuan itulah ia kaget. Ada truk tentara yang membuang sampah. Di tanah tidak jauh dari pantai. Sampah itu bukan sembarang sampah. Tapi reruntuhan bekas perang. Barang-barang dari gudang yang terbakar: besi, kayu, karung-karung terigu, karung semen, seng dan sebagainya.

Tiap hari truk itu membuang rongsokan ke situ. Eka berpikir semua rongsokan itu bisa jadi uang. Tapi bagaimana mengangkutnya. Uangnya habis. Tabungannya ludes. Tapi orang yang membuang rongsokan itu pasti perlu minum. Maka Eka mendirikan warung di dekatnya.

Memasak kopi. Menyediakan meja kursi. Yang dibawa dari rumahnya. Ternyata laku. Kopinya selalu habis. Lalu ibunya ia minta bikin ayam rebus. Ayam putih. Disajikan bersama kopi.

Ayam putihnya itu tidak laku. Ia panik. Modal beli ayam itu yang terbesar. Bukan kopi. Justru tidak laku. Ia kepepet. Nekat. Ia datangi komandan Jepang. Ia minta mencicipinya secara gratis. “Saya beri sepotong saja. Tidak berani memberi banyak. Takut ayamnya habis tanpa mendapat uang,” guraunya. Harapannya terkabul. Sang komandan menyukainya. Anak buahnya membeli. Tiap hari ayam putihnya habis. Tapi tujuannya bukan jualan ayam.

Yang utama cari modal. Untuk bisa mengangkut rongsokan-rongsokan yang menggunung itu. Halaman rumahnya pun penuh rongsokan. Juga tanah kosong di sebelah rumahnya. Besi-besi diluruskan. Seng-seng diratakan. Terigu yang kelihatan terbakar dibuka. Bagian luarnya dibuang. Terigu yang masih baik dikumpulkan. Karung dicuci. Dikeringkan. Untuk mewadahi terigu yang masih baik.

Semen-semen yang sudah membatu ditumbuk. Yang masih baik dikumpulkan. Dikarungi lagi. Persoalannya: terigu bekas harganya murah. Maka Eka mempelajari cara menjahit karung. Yang bisa sesempurna jahitan pabrik. Agar dikira semuanya masih baru. Ia beli jarum di toko. Ia praktekkan cara menjahit karung yang baik.

Berhasil. Terigu ia jual. Setiap hari. Semen tidak ia jual. Tunggu momentum. Toh dari jualan terigu sudah cukup untuk bisa hidup. Lalu ia pelajari: untuk apa orang beli semen. Ternyata banyak yang dipakai untuk membangun kuburan. Kuburan Tionghoa. Eka pun mencari siapa tukang makam terbaik. Ia ajak joint. Ia beri ‘saham’ 20 persen. Hasilnya menggembirakan. Dalam setahun bisa membangun 8 makam. “Bagian depan makam dekat bandara Makassar itu saya semua yang bangun,” katanya.

Nilai semennya lebih tinggi daripada dijual dalam bentuk semen. Dari bisnis barang rongsokan itu Eka bisa menabung Rp 20.000. Waktu itu harga sebuah rumah tembok Rp 1.000.

Bangkrut dan Bangkrut lagi

Stock rongsokannya pun habis. Eka lantas ingin bisnis minyak goreng. Ia sudah tahu di mana pusat penghasil minyak goreng: Selayar. Sebuah pulau di Selatan Sulawesi. Perlu naik kapal satu malam penuh untuk ke sana. Ia pun berangkat.

Semua tabungan ia bawa. Diikatkan di pinggang secara merata. Ia tahu tidak bisa beli secara utang, harus kontan. Di Selayar ia bisa kulakan 4.000 kaleng minyak goreng. @18 liter. Ia mendapat diskon 20 persen. Karena membayar kontan. Ia mabuk. Tidak mampu berdiri. Pun waktu kapal sudah tiba kembali di pelabuhan Makassar. Ia harus pegangan tiang listrik dulu. Lama. Sebelum bisa berjalan tegak. “Mabuk tapi hati sangat gembira. Semangat sekali,” katanya. 

Baru beberapa hari di Makassar keluarlah peraturan pemerintah Jepang. Penjualan minyak goreng hanya boleh dilakukan pihak Jepang. Milik swasta harus diserahkan. Dengan harga dipatok. Rp 1,5/liter. Eka Tjipta, yang waktu itu namanya masih Ek Tjhong, bangkrut untuk kedua kalinya. Masih muda sudah merasakan ‘jatuh’ dua kali. Hidup pun susah. Untuk semua orang. Berbulan-bulan tidak makan roti. Bukan tidak punya uang tapi sulit mendapatkan roti.

Beli roti harus antre. Satu orang dibatasi maksimal dua roti. Hari itu ia sangat ingin beli roti. Ia antre. Beli dua. Tapi hanya diberi satu. Ia marah. Tetap tidak diberi. Ia lemparkan roti yang di tangannya ke muka penjualnya. Ia ngeloyor pulang. Hatinya mendidih. Dendam.

Tekadnya bulat: ingin bikin pabrik roti. Berhari-hari ia cari tahu: siapa juru masak pabrik roti itu. Ia datangi rumahnya. Ia bawakan oleh-oleh untuk istrinya. “Kalau saya tidak bawakan oleh-oleh bisa-bisa tidak boleh masuk rumahnya,” katanya bergurau. Langsung ia tawarkan gaji dua kali lipat.

Dari Rp 15 ribu sebulan ke 30 ribu. Tawaran diterima dengan senang. Tapi baru bisa bulan berikutnya. Ia tidak mau kehilangan gaji sebulan itu. Eka tidak sabar. Dendamnya masih membara. Langsung saja dikeluarkan jurus pamungkasnya: ia bayar gaji yang sebulan itu.

Pabrik rotinya maju. Tapi sulit mendapatkan gula. Beli gula harus antre. Satu orang hanya boleh antre untuk 1 kg. Eka mencari pengantre bayaran. Tujuh orang.

Satu bulan bisa mendapat 10 ton. Eka pun merinci. Berarti satu orang antre di 40 tempat sehari. Eka menjadi kaya kembali. Ia berani membeli mobil. Rp 70 ribu harganya.

Tapi harus inden. Mobilnya baru tiba enam bulan kemudian. Saat itulah temannya kesusahan. Perlu uang. Menyerahkan mobilnya. Hanya dengan harga Rp 30 ribu. Jadilah Eka punya dua mobil.

Tip Sukses Merintis Bisnis Kontraktor & EPC

Menjadi orang yang sangat terpandang. Waktu meninjau bekas sekolahnya dulu sang kepala sekolah sendiri yang membukakan pintu mobilnya. Eka banyak menyumbang ke sekolah itu.

Lalu terjadilah perang kemerdekaan. Keadaan kacau. Jalur logistik putus. Pasukan bahan baku macet. Eka bangkrut lagi. Untuk ketiga kalinya.

Sekali lagi Eka tidak mau meninggalkan utang. Ia sangat yakin kepercayaan adalah modal terpenting. Dengan kepercayaan ia yakin pasti bisa bangkit lagi. Kelak. Ia jual yang bisa dijual cepat. Termasuk dua mobil kebanggaannya.

Ia kembali naik sepeda. Saat bangkrut yang ketiga itulah Eka merasa sangat sakit. Bukan soal hidup susah lagi. Tapi soal harga diri. Orang yang dulu membukakan pintu mobilnya pun tidak mau menyapanya lagi. Bahkan melengos saat disapa. Ia sampai malu keliling Makassar dengan sepedanya. Ia merasa semua jari menuding ke mukanya. Eka tidak tahan lagi. Dirinya merasa terhina. Ia pun minggat dari Makassar. Menuju Malino. Daerah pegunungan sekitar 60 km dari Makassar. Ia menghabiskan waktu di situ. Dengan membaca. Ia memang gemar membaca.

Berbisnis dengan tentara

Setelah 6 bulan Eka retreat di Malino barulah hatinya dingin. Ia kembali ke Makassar. Ingin mengerjakan apa yang bisa dikerjakan. Waktu itu, awal 1950, TNI mengerahkan banyak pasukan ke Makassar. Untuk menumpas pemberontakan Andi Aziz. Dan Kahar Muzakar. Tentara kekurangan logistik. Para pedagang tidak mau menjadi pemasok. Khawatir pembayarannya macet. Eka mendengar itu. Mau. Satu-satunya yang mau jadi pemasok. Ia punya logika sendiri.

“Ini kan tentaranya pemerintah. Pemerintah sendiri. Sudah merdeka. Pasti punya uang. Kalau pun tidak kan bisa cetak uang. Kan negaranya sendiri,” pikirnya. Eka kembali akan mengandalkan kepercayaan.

Sebagai modal utamanya. Ia datangi perusahaan dagang negara. Peninggalan Belanda. Seperti Geowehry. Ia minta barang. Bayar belakangan.

Minta waktu dua minggu. Seperti pembayaran yang dijanjikan tentara. Ternyata dua minggu tidak ada pembayaran. Satu bulan tidak ada. Satu bulan setengah juga tidak.

Eka datang ke Geowehry. Minta maaf. Menceritakan apa adanya. Membawa semua berkas dan tagihan. Ia ceritakan apa adanya. Tidak ada yang disembunyikan. Setelah lewat dua bulan pembayaran cair. Sekaligus. Banyak sekali.

Eka menjadi banyak uang lagi. Utangnya pun lunas. Eka menjadi akrab dengan tentara. Tentara juga begitu. Merasa Eka orang yang berjasa. Kesempatan pun terbuka.

Eka boleh memanfaatkan kapal tentara. Yang pulang ke Makassar dalam keadaan kosong. Setelah mengirim tentara ke Manado. Eka pun memuatinya dengan kopra. Yang melimpah di Manado. Dengan harga murah. Ia jual di Makassar. Dengan harga tinggi.

Jadilah Eka pedagang kopra. Ia sering pergi ke Manado, Palu, Toli-toli, Maluku. Pusat-pusat kopra ia kuasai. Ia pun sudah berani carter kapal. Untuk kirim kopra dari Manado ke Surabaya dan Jakarta.

Jaringan dagangnya kian luas. Suatu saat ia sudah mengumpulkan 3 ribu ton kopra di Manado. Ia carter kapal besar dari Jakarta. Untuk ukuran saat itu. Ketika kapal tiba pecahlah pemberontakan Permesta. Terjadi perang. Eka menyelamatkan diri. Kopra 3 ribu ton ia tinggal.

Pindah Ke Surabaya

Kapal carterannya kembali ke Surabaya hanya membawa dirinya. Eka bangkrut untuk keempat kalinya. Ia tidak mau lagi tinggal di Makassar. Ia ingin pindah Surabaya. Di daerah yang lebih aman. Yang memungkinkan bisnis berkembang. Di Surabaya Eka ditampung di kamar temannya. Ukuran 2 x 3 meter. Ia hanya membawa modal kepercayaan. Dan nama baik. Ia pun menghadap Pangdam Brawijaya, Mayjen Basuki Rahmat. Diijinkan pula mengisi kapal tentara dengan barang dagangannya. Kapal itu berangkat ke Sulawesi membawa bahan makanan.

Balik ke Surabaya kosong. Hasilnya dibagi dua: tentara mendapat 25 persennya. Di Surabaya Eka berkembang pesat. Dengan pabrik minyak kelapanya. Dari Surabaya merambah Indonesia. Tidak pernah bangkrut lagi. 

Pimpinan Jawa Pos Dahlan Iskan saat usianya 40 tahun pernah bertanya ke Eka, Apakah masih membayangkan bahwa suatu saat akan bangkrut lagi? Untuk kelima kalinya. “Sekarang sudah tidak mungkin lagi bangkrut. Sudah terlalu besar untuk bisa bangkrut,” katanya. Itu tahun 1992. Diucapkan di Surabaya. Kepada saya.

Inilah Rahasia Sukses Pemasaran Kosmetik MS Glow

Saat itu Pak Eka sudah menjadi orang terkaya kedua di Indonesia. Setelah Liem Soe Liong. Pabrik minyak gorengnya sudah yang terbesar di Indonesia. Pabrik kertasnya terbesar di Asia. Bisnis Grup Sinar Mas sudah merambah ke segala arah. Waktu mengucapkan ‘tidak mungkin lagi bangkrut’ kelihatannya Pak Eka tidak membayangkan: bakal terjadi krisis moneter delapan tahun kemudian. Saat itu utang Sinar Mas mencapai sekitar Rp 110 triliun. Kepada lebih 60 bank. Di lebih 40 negara.

Yang menagih pun sampai kesulitan. Untuk berunding pun sulit. 60 bank dan 40 negara harus setuju. Caranya maupun pembagian hasil penagihannya.

Sampai-sampai utang itu distensil. Dibekukan. Ini membuat Sinar Mas kembali jaya. Semua hasil penjualannya bisa untuk menggerakkan operasionalnya. Tanpa mikir nyicil utang.

Memang Sinar Mas sempat kehilangan Bank International Indonesia. Tapi Pak Eka benar: sudah terlalu besar untuk bisa bangkrut. Sabtu lalu Pak Eka meninggal dunia. Meninggalkan semua itu. Tapi juga meninggalkan pelajaran bisnis yang luar biasa berharga.

Banyak Pelajaran Bagi Anak Muda

Masa muda Eka penuh perjuangan. Meski hanya mampu menyelesaikan pendidikan hingga sekolah dasar, ia mau belajar di lapangan. Ia tak pernah belajar dalam arti yang sesungguhnya. Ia beberapa kali bangkrut dan bangkit lagi.  Ia mulai berjualan keliling di kota Makasar dengan sepedanya. Berjualan dari pintu satu ke pintu yang lain, ia menawarkan permen, biskuit dan barang lainnya di toko milik ayahnya. Menginjak usia 15 tahun, ia sudah berani menjadi pemasok kembang gula dan biskuit dengan sepedanya yang melewati hutan-hutan karena jalanan tidak sebagus saat ini. Hasil yang ia dapat hanya sebesar Rp 20.

Menjaga  tim inti

Eka sangat menjaga anak buahnya yang loyal. Ada salah satu sekretaris Eka Tjipta yang hingga kini masih dipekerjakan selama hampir 60 tahun. Sekretaris bernama Bu Eli tersebut hingga kini masih sehat dan terus berkantor serta tidak boleh dipensiunkan atas permintaan Pak Eka sendiri. Eli masih terus berkantor walaupun dari segi usia dan kondisi fisik sudah tidak memungkinkan untuk bekerja sebagai sekretaris. Tetapi pesan Pak Eka tidak boleh dipensiunkan karena Bu Eli ini sudah ikut Bapak dari zaman Pak Eka belum memiliki apa-apa.

Bacaan Terkait: 

Kisah Sukses Jaringan Resto SS, Modal Rp 9 Juta, Kini Punya Puluhan Outlet

Bagi penikmat kuliner yang biasa mampir berpetualang di resto-resto, tentu kenal Waroeng Spesial Sambal “SS” yang harganya murah dan selalu penuh oleh pengunjung. Di Jabodetabek, tak sulit menemukan Waroeng SS. Resto ini dikenal dengan sambalnya yang khas dan harganya yang murah. Jangan salah, kini outletnya sudah lebih dari 90 cabang , semua menyajikan aneka sambal segar dan masakan khas Indonesia. 

Walapun makin dikenal luas di seputar Jabodetabek, Waroeng SS ini aslinya bukan resto asli ibukota, karena asalnya dari Yogyakarta. Resto yang dimulai dari Kota Jogja ini didirikan oleh Yoyok Hery Wahyono sejak 2002. Yoyok yang putra asli Boyolali kelahiran 2 September 1973 ini memang merantau ke Jogja dalam rangka kuliah di Jurusan Teknik Kimia UGM. Bisa dikatakan, sebenarnya ia mendirikan usaha resto “tidak sengaja amat” alias awalnya tidak sangat serius direncanakan. Waktu itu kuliahnya di UGM mandeg sejenak dan terancam tidak lulus. Ia mulai dag dig dug kalau tidak lulus bagaimana nanti bisa memperoleh pekerjaan.

Sebelum mendirikan usaha resto, Yoyok sudah punya usaha di bidang event organizer (EO) yang pendapatannya cukup besar, namun sayangnya income dari EO itu tidak ajeg, tidak selalu ada proyek. Kadang ada, kadang kosong proyek. Di lain sisi ia ingin sekali punya income rutin walau tidak terlalu besar. Setelah dipikir secara matang, dengan pertimbangan dunia masak-memasak adalah kesukaannya dan hasil masakannya selama ini disukai oleh teman-temannya, maka Yoyok akhirnya mencoba mendirikan warung tenda pertamanya di Jalan Kaliurang, Jogjakarta. Warung itu itu menjual sajian andalan sambal pedas yang diberi nama Waroeng Spesial Sambal (Waroeng SS). Jadi, dimulainya memang di Jl Kaliurang, Jogja. 

Banyak hal unik, ketika ia mulai dirikan Waroeng SS tahun 2002 bersama 5 karyawannya, modalnya hanya 9 juta. Ya, hanya Rp 9 juta. Tak lebih. Rinciannya, Rp 3 juta dari tabungan Yoyok sendiri dan 6 juta dari sharing modal saudara sepupunya. Jadi, modalnya memang pas-pasan banget. 

Ia memilih konsep resto sambal sebagai jualan utamanya, karena menurut Yoyok sebenarnya pangsa pasar sambal di Jogja sangat luas namun kebanyakan menjual dengan cita rasa pedas manis. Pilihannya menyediakan menu sambal pedas berbagai jenis rupanya sangat tepat. 

Gayung bersambut. Impiannya tak bertepuk sebelah tangan. Tak butuh waktu lama warungnya laris manis dikunjungi banyak penggemar kuliner pedas di seputar Jogja. Bisnisnya laris walaupun belum meraih keuntungan banyak. Menarik, dalam mengembangan usahanya, Yoyok tak mengejar untung dulu, namun larisnya dulu alias mengejar perputaran. Bahkan hingga 1,5 tahun usahanya, ia belum laba. Kalau ada sisa ia putar lagi. Baru setelah omsetnya Rp 30 juta ia ambil untung. 

Singkat cerita, outlet pertama itu laris banget. Sukses. Setelah outlet di Jogja sangat laris, banyak yang membisikkannya kenapa tak buka di tempat lain. Ia akhirnya mulai buka cabang di kota lain. Dimulai dari kota tetangga, Solo, yang akhirnya membuat Yoyok mencoba mendirikan cabang pertama di Manahan, Solo pada tahun 2006. Tak lama kemudian, Waroeng SS menyapa penikmat pedas di kota lainnya, seperti Semarang, Tangerang, Purwokerto dan beberapa kota di Jawa Timur. Termasuk di Kota Depok. Outletnya pun terus berkembang.

Agar usahanya maju, ia membangun sistem dan manajemen sehingga Waroeng SS sudah memiliki standar masakan maupun standar pelayanan. Namun Yoyok tidak pernah berpuas diri karena akan membuat terlena dan akhirnya termakan oleh pesaing. Ia menyadari kehidupan terus bergerak, berputar seperti roda. Waroeng SS juga harus terus bergerak mengikuti zaman. Tidak melawan arus, tapi juga tidak terseret arus.

Kini total outlet Waroeng SS sudah berkembang menjadi 98 cabang tersebar di lebih dari 40 kota meliputi wilayah Jawa – Bali, dan ada 2 cabang berada di Kuala Lumpur. Seiring kesuksesannya rupanya Waroeng SS tidak melupakan berbagi kepada sesama. Kebijakan yang diterapkan manajemen, Waroeng SS wajib menyisihkan 1% dari omzet untuk disalurkan ke kegiatan sosial. 

Mengapa berbasis omzet, bukan profit, seperti perusahaan-perusahaan pada umumnya? Jawabannya adalah, pertama, jika berbasis profit, maka yang berdonasi atau menyumbang adalah pemiliknya saja, sedangkan jika berbasis omzet, maka yang bersedekah adalah seluruh personel Waroeng SS. Kedua, jika berbasis profit, maka warung-warung yang masih merugi (misalnya waroeng yang baru buka) tidak akan menyumbang. Seolah-olah kita hanya mau menyumbang, jika kita untung. Konsep berbagi yang tentu saja menarik untuk diteladani. 

Rahasia Sukses Pemasaran Kosmetik MS Glow

Waroeng SS ingin menerapkan ajaran agama, agar kita bersedekah baik dalam keadaan longgar maupun sempit. Program sosial yang dibantu Waroeng SS cukup luas cakupannya, antara lain bantuan untuk panti asuhan, pondok pesantren, beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, bantuan pembangunan rumah ibadah, dukungan terhadap kegiatan mahasiswa dan Perguruan Tinggi, pemberdayaan penyandang disabilitas, pemberdayaan usaha mikro-kecil, pembangunan fasilitas umum seperti jalan, sumur, korban bencana alam dll. Dana sosial Waroeng SS disalurkan ke seluruh daerah dimana Waroeng SS membuka usahanya. Dalam menyalurkan dana sosialnya, selain menyalurkannya secara langsung, Waroeng SS juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial yang terpercaya.

Dengan konsep berbagi, rejeki bukan berkurang, namun justru bertambag. Dimulai 1 warung tenda dengan 5 karyawan kini SS berkembang menjadi 98 outlet dengan sekitar 3.600 karyawan. Hebatnya semua outlet adalah cabang tidak ada satupun yang waralaba. Dalam mengembangkan usaha Yoyok tak menentukan target berupa angka-angka. Tidak ada target laba atau omzet. Target yang diatur, yang bisa memunculkan reward dan punishment adalah target dari kualitas proses yang dikerjakan. Misalnya, target kebersihan rumah makan dan seberapa enak makanan yang kami buat. Target kami hari ini menyapu lantai hingga bersih, laris atau tidaknya makanan yang kita jual menurut kami bukan kewenangan manusia.

Bacaan Terkait

20 Jurus Jitu Untuk Tingkatkan Omset Jualan Online

Media digital atau online saat ini sudah menjadi saluran wajib bagi para pemasar produk. Tanpa menggunakan jalur online, produk Anda akan ketinggalan dan dianggap produk jadul. Konsumen sudah banyak yang pindah ke digital. Marke size bisnis digital atau pasar ecommerce ini sudah sangat besar. Namun demikian, butuh kiat, strategi dan jurus tertentu agar sukses jualan online. Berikut ini beberapa rumus dasar agar bisa sukses jualan di dunia digital dan bisa punya omset yang makin bergembang. 

1. Prioritaskan aspek “user experience” dari website atau toko online Anda

Desain situs web atau toko online yang terstruktur dengan baik, punya tampilan yang memukau,  dan  berfungsi dengan baik akan memberikan pengalaman terbaik bagi user. Pengalaman yang baik ini menjadi pemicu untuk membeli di awal proses mengenal produk Anda yang dijual online. Situs web telah menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan penjualan online, sangat penting untuk berfokus pada perancangan situs web dengan mempertimbangkan komponen utama. Buatlah web yang mudah diakses dan menarik bagi calon pembeli. 



Ingatlah, perusahaan seperti Apple dan Nike tidak membuang jutaan dolar pada desain web untuk bersenang-senang. Mereka tahu, itu merupakan cara untuk menjual yang lebih manjur. Faktanya, tampilannya dan cara kerjanya adalah alasan utama orang membeli dari mereka. Merancang situs web yang hebat butuh pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi pengunjung. 

2. Tunjukkan Testimoni Dari Para Pelanggan Yang Sudah Pakai dan Puas

Pelanggan yang puas dapat menjadi senjata paling berharga di gudang senjata Anda, yakni testimonial atau suara dari para klien yang sudah puas menjadi user produk Anda. Banyak pelanggan yang puas jauh lebih berpengaruh daripada cara promosi lainnya. Jadi, pastikan Anda menyertakan testimonial dan ulasan dari pengguna penting Anda tentang betapa hebatnya produk Anda. Ini mungkin muncul di halaman produk, halaman web depan, halaman harga, bahkan halaman katalog promosi, dll. Penyertaan bukti kepercayaan pelanggan dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan online, karena hal itu menciptakan persepsi yang lebih baik tentang merek Anda di benak prospek dan berpotensi mengatasi keraguan mereka. Jika Anda memiliki daftar klien yang puas, pastikan prospek Anda mengetahuinya. Juga berbagai sertifikasi yang anda miliki. 

3. Selalu “Jujur” Dalam Hal Penawaran

Kejujuran dalam penawaran sangat penting untuk reputasi bisnis Anda dan untuk menumbuhkan  kepercayaan pada merek Anda. Jangan membuat klaim yang tidak dapat Anda buktikan, dan jangan mudah menggunakan kata-kata yang hiperbol. Konsumen saat ini sangat sensitif terhadap pemasaran, jadi jujurlah, apa adanya, dan mudah didekati dalam semua aspek penjualan Anda. Banyak konsumen beralih ke bisnis yang lebih kecil justru karena layanan pribadi yang lebih individual yang dapat mereka tawarkan. Jangan mencoba menjadi sesuatu yang bukan Anda.

4. Buatlah Pesan-Pesan Yang Jelas Dalam Promosi (Branding) 

Sangat penting untuk menciptakan nilai bagi audiens target Anda karena mereka cepat menilai. Rata-rata pembaca akan tetap berada di halaman Anda hanya selama 15 detik. Pesan merek adalah proposisi nilai unik yang disampaikan kepada pelanggan yang menginspirasi mereka untuk membeli produk Anda. Semakin konsisten pesan Anda, semakin konsisten branding Anda baik melalui kata-kata, desain, penawaran, atau perspektif. Merek Anda harus membangun kesadaran dan mengembangkan kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan.

Tambahkan video ke halaman konversi. Menambahkan video ke halaman arahan teratas Anda dapat menghasilkan peningkatan konversi rata-rata sebesar 86%. Informasi visual memiliki dampak yang lebih cepat daripada teks dan pengunjung web dapat menyerap info dalam video lebih baik daripada dengan membaca teks. Jangan lupa, jelaskan kelebihan produk anda, bagaimana produk Anda memecahkan masalah pelanggan, manfaat spesifik apa yang akan diberikannya, dan mengapa mereka harus membeli dari Anda.

5. Gunakan live chat untuk diskusi dan follow up penjualan

Obrolan langsung adalah salah satu saluran komunikasi pelanggan yang paling disukai. 79% konsumen lebih memilih obrolan waktu nyata karena mereka tidak perlu menunggu tim dukungan pelanggan untuk merespons. Ini mengarah pada peningkatan pendapatan sebesar 48% per jam obrolan dan peningkatan rasio konversi sebesar 40%. Menggunakan obrolan langsung untuk menghasilkan prospek membantu pelanggan untuk berhubungan dengan perwakilan penjualan dan mendapatkan solusi instan yang membantu dalam membuat keputusan penjualan yang cepat. 

Ubah pengunjung situs web menjadi prospek dengan cara menerapkan obrolan langsung membantu memaksimalkan prospek. Ini membantu dalam memberikan bantuan penjualan real-time dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Dengan melakukan obrolan langsung menangani keberatan pelanggan untuk mendapatkan jawaban mereka lebih cepat yang membantu dan mengurangi proses penjualan. Mengarahkan obrolan penjualan ke tim yang tepat yang hal ini  membantu meningkatkan waktu penyelesaian dan meningkatkan konversi penjualan.

6. Berikah Garansi Uang Kembali (money-back guarantee) bila tidak sesuai pesanan

Pernahkah Anda mengalami bahwa produk yang dibeli tidak berfungsi? Bahkan pembelian kecil dapat memiliki risiko ‘penyesalan pembeli’. Jadi mengapa mereka harus membeli produk Anda? Memberi garansi uang kembali dapat mengatasi risiko tersebut. Ketika Anda berusaha untuk menurunkan risiko dari keputusan prospek, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli dari Anda. Adalah bijaksana untuk mengambil apa pun yang dapat menghalangi prospek untuk membeli dari Anda. Sederhananya, lebih sedikit rasa sakit untuk mereka, lebih banyak penjualan untuk Anda. Domino’s Pizza adalah contoh perusahaan terkenal yang menggunakan jaminan SEMPURNA untuk pelanggan mereka. Dan mereka membangun bisnis ratusan miliar. 

7. Berilah Beberapa Alternatif Cara Pembayaran Bagi Pembeli 

Kini konsumen memiliki punya banyak cara untuk membayar, jadi berilah banyak pilihan cara bayar ke mereka. Mereka akan benar-benar membayar barang dan jasa, namun caranya beda. Ada yang pakai Gopay, Ovo, kartu debet, transfer bank, COD, dll. Dengan menawarkan lebih banyak opsi pembayaran, termasuk layanan baru yang semakin populer di seluler, Anda mempermudah prospek untuk memberi Anda uang mereka. Tentu, mungkin merepotkan untuk mengoptimalkan situs Anda (dan proses checkout, seperti yang telah kita bahas di atas) untuk menyertakan semua opsi ini, tetapi melakukannya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan online, terutama jika situs Anda memiliki lalu lintas seluler yang kuat.

8. Jangan ragu berinvestasi agar punya images dan videos yang super

Sangat penting untuk memiliki gambar produk yang menarik dan berkualitas tinggi, dan menyajikannya dengan cara yang sesuai dengan pelanggan potensial Anda. 90% informasi yang dikirim ke otak adalah visual, dan orang-orang membentuk kesan pertama mereka dalam waktu setengah milidetik. Secara umum, itu berarti bahwa gambar produk Anda membantu meyakinkan calon pelanggan Anda bahwa produk Anda layak untuk dibeli. Anda dapat mengedepankan yang terbaik dengan gambar dan video produk berkualitas tinggi yang dirancang untuk membantu Anda meningkatkan penjualan online.

Gunakan gambar dengan kualitas terbaik – Pilih gambar dengan resolusi tinggi untuk menjual produk Anda. Kualitas terbaik membuat gambar bersinar dan menarik perhatian pengunjung Anda. Tambahkan video produk ke situs web Anda akan membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda. Tunjukkan kegunaan produk yang sebenarnya – Menyertakan manusia dalam gambar Anda memberi calon pelanggan Anda kerangka acuan, dan memungkinkan mereka memperkirakan seberapa kecil atau besar produk Anda. Video adalah bukti kuat. 

9. Jawab Semua Pertanyaan Calon Pemesan Dengan Tepat Dan Terarah

Salah satu jebakan paling berbahaya yang dapat Anda hadapi ketika mencoba menjual online adalah membuat asumsi tentang pengetahuan calon pelanggan Anda tentang produk, layanan, atau bahkan pasar Anda. Banyak perusahaan secara keliru percaya bahwa pelanggan mereka tahu lebih banyak tentang apa yang mereka jual daripada yang sebenarnya mereka lakukan, yang menghasilkan pertanyaan atau keberatan yang tidak terjawab yang gagal ditangani – keduanya dapat membahayakan penjualan.

Pertimbangkan setiap pertanyaan yang mungkin dapat Anda pikirkan tentang produk Anda, dan jawablah dalam salinan Anda di halaman produk Anda. Demikian pula, pikirkan setiap kemungkinan keberatan yang mungkin dimiliki calon pelanggan tentang penawaran Anda, dan atasi terlebih dahulu dalam salinan Anda. Anda memberi mereka apa yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Tetap fokus pada pelanggan dan bagaimana hal itu menguntungkan mereka, bukan mengapa perusahaan Anda begitu hebat.

10. Berilah Give Away Yang Sebisa Mungkin Gratis 

Orang-orang menyukai barang gratis, dan semakin banyak Anda memberikan secara gratis, semakin baik calon pelanggan cenderung memandang Anda dan merek Anda, yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan online.  Lihat penawaran Anda saat ini. Bisakah Anda memberikan sesuatu secara gratis? Anda dapat dengan mudah memberikan sampler, keanggotaan uji coba, penawaran dua-untuk-satu, dan insentif berbasis hadiah lainnya. Memberikan barang secara gratis bukan hanya cara yang bagus untuk meningkatkan persepsi orang tentang bisnis Anda, tetapi juga cara yang bagus untuk memperkenalkan mereka pada produk Anda dan menggoda mereka untuk membeli lebih banyak.

11. Buatkah mesin chatbots untuk membantu penjualan 

Mesin chatbots telah menjadi mitra penting bagi organisasi penjualan dengan volume peluang dan perolehan prospek yang tinggi, terutama karena ia memberikan dukungan yang cepat dan akurat saat melakukan berbagai tahap penjualan. Bot dapat meningkatkan  konversi penjualan online hingga 30% saat melibatkan prospek atau prospek. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan chatbots  untuk menerima konfirmasi pemesanan, pemberitahuan ke pelanggan, promosi produk baru, jadwal layanan, dll. Bot yang berkemampuan AI yang membantu pengunjung 24×7 dengan memberikan respons yang cepat bahkan saat staff penjualan Anda tidak tersedia. Chatbot yang dirancang dengan baik membantu untuk melakukan prakualifikasi prospek penjualan bahkan ketika agen penjualan Anda sibuk dengan bantuan kuesioner yang telah ditetapkan sebelumnya.

12. Lakukan Iklan Berbayar Yang Efisien dan Efekif

Menjalankan iklan berbayar adalah salah satu cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan Anda. Anda perlu mengidentifikasi saluran tempat audiens target Anda berkumpul dan melibatkan mereka di mana pun mereka berada. Iklan berbayar adalah cara yang efektif untuk mengekspos merek Anda ke audiens yang besar dan membantu meningkatkan lalu lintas situs web. Anda dapat menjalankan Google Ads atau menjalankan iklan berbayar di akun media sosial Anda seperti Facebook atau Instagram untuk meningkatkan penjualan online. Media sosial adalah alat periklanan digital yang hebat untuk bisnis apa pun yang ingin mendapatkan laba atas investasi yang lebih baik.

13. Tawarkan Trial Produk Tanpa Wajib Membeli

Umumnya, pelanggan enggan membeli produk secara online karena mereka tidak mempercayai merek tersebut. Mereka memiliki rasa takut untuk membeli secara online karena banyak risiko yang terkait dengan membagikan beberapa detail pribadi atau membuat komitmen. Menawarkan uji coba gratis untuk jangka waktu 10-15 hari, demo gratis, atau produk gratis adalah strategi yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan online. 62% perusahaan mendapatkan 10% atau lebih dari bisnis mereka dari uji coba gratis.

Menawarkan uji coba gratis menghilangkan rasa takut dari benak pelanggan untuk melakukan apa pun sebelum membeli. Setelah masa percobaan selesai, mereka dapat meningkatkan ke versi berbayar, yang meningkatkan penjualan online. Saat pelanggan memanfaatkan sesi demo gratis, nilai sebenarnya dari produk dan layanan Anda dikomunikasikan kepada pelanggan.

 Produk gratis juga memotivasi pembeli yang enggan untuk mencobanya. Akhirnya, ini menghilangkan keraguan untuk membeli secara online dan membangun kepercayaan.

14. Tingkatkan Omset Melalui Social Proof 

Social Proof atau bukti sosial memainkan peran besar dalam keputusan pembelian pembelanja. Ketika seseorang sedang mempertimbangkan pembelian atau mencoba untuk memutuskan antara dua merek yang berbeda, mereka akan sering beralih ke orang lain yang memiliki pengalaman dengan produk untuk panduan. Perlu dicatat, 9 dari 10 pelanggan membaca ulasan sebelum memutuskan untuk membeli. Mendapatkan ulasan produk yang berwawasan luas sangat penting untuk meyakinkan pelanggan agar membuat keputusan pembelian yang lebih cepat dan tepat.

bkti sosial membantu meningkatkan penjualan online karena ia mempengaruhi keputusan pelanggan. Ulasan produk memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan konsumen tetapi dapat memperkuat kredibilitas perusahaan. 68% pembeli online lebih cenderung terlibat dengan bisnis yang memiliki ulasan positif. Ulasan positif dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan perusahaan. Penggunaan ulasan produk memberikan peluang bagi bisnis dan pelanggan untuk membangun hubungan yang sehat. 

15. Arahkan traffic pembicaraan dengan konsumen melalui social media

Media sosial adalah alat yang berharga untuk bisnis dan memimpin di depan media tradisional dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Mereka membawa banyak peluang untuk mendapatkan pengunjung bisnis dan meningkatkan penjualan online. Sebuah laporan oleh Forbes menunjukkan bahwa 25% dari pengguna media sosial mengikuti halaman merek, yang mempengaruhi keputusan pembelian akhir mereka dengan ritel individu dan toko online. Terbukti, potensi peningkatan penjualan melalui kanal media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram ada.

Anda dapat memperoleh konten yang dibuat pengguna dengan membagikan posting asli pelanggan Anda di platform media sosial Anda. Misalnya, gambar pelanggan yang mengambil foto kopinya di kafe Anda. Anda juga bisa bekerja dengan influencer media sosial yang dipercaya oleh orang-orang. Mempromosikan merek dan produk Anda melalui influencer media sosial sangat mungkin untuk mendorong penjualan, dan telah terbukti memberikan ROI setinggi 600% dalam beberapa kasus. Media sosial adalah platform yang sangat baik bagi merek untuk menyediakan konten yang berharga bagi audiens mereka. Konten harus menarik bagi audiens Anda, dan cukup menarik untuk membuat mereka melakukan pembelian.

16. Hindari Friksi dan Perbincangan Negatif di Dunia Online

Meskipun pertumbuhan pesat dalam penjualan ritel online, konversi checkout masih menjadi tantangan besar bagi banyak penjual online. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang kehilangan penjualan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyingkirkan unsur-unsur yang menciptakan gesekan dan mengganggu pelanggan.

17. Jangan Lupa Berilah Diskon 

Harga adalah faktor terpenting dalam keputusan untuk membeli produk atau layanan apa pun. Harga rendah dapat menunjukkan kualitas rendah di benak pembeli. Sebelum menerapkan strategi penetapan harga apa pun, ketahuilah bagaimana perasaan pelanggan Anda tentang produk Anda sehingga perubahan harga mendorong perilaku pasar yang Anda inginkan. Diskon yang bagus memiliki kekuatan besar untuk memengaruhi keputusan pembelian. Pelanggan tidak suka melewatkan diskon periode terbatas yang cocok untuk mereka. Menawarkan diskon dapat memotivasi pelanggan yang peka terhadap harga karena hal itu menciptakan peluang pembelian khusus bagi pelanggan. 

18. Berilah Pengalaman Berkesan Dengan Melalukan Follow-Up Email

Sayangnya, pengalaman pelanggan biasanya berakhir untuk banyak bisnis ketika mereka akhirnya mendapatkan uang pelanggan. Orang mengabaikan untuk melakukan follow up. Ini adalah kesalahan besar untuk retensi pelanggan. Untuk meningkatkan volume penjualan online, pastikan Anda memiliki prosedur tindak lanjut yang bijaksana, penuh perhatian, dan benar-benar berguna untuk pelanggan baru. Kirimlah email untuk follow up.

19. Gunakan Kekuatan Komunitas Untuk Dongkrak Penjualan

Forum komunitas adalah salah satu saluran terbaik yang menyediakan kumpulan pertanyaan dan topik yang menarik bagi pemasar, dan seringkali gratis. Dengan bersikap proaktif dan memanfaatkan luasnya pengguna dan informasi di forum, Anda dapat mengubah cara Anda terlibat dengan prospek dan pelanggan Anda. Ini bisa melalui komunitas di WA, FB, IG, Quora dan forum sosial lainnya yang terkait. Ini adalah sumber yang bagus untuk mencari tahu apa yang membuat audiens target Anda bingung atau bermasalah.

20. Terapkan  Jurus Remarketing Untuk Mendapatkan Banyak Penjualan

Tidak peduli apakah Anda menjalankan kampanye pemasaran apapun, tiap inisiatif pemasaran digital membutuhkan waktu, uang, dan banyak usaha ntuk mencapainya. Jika Anda tidak menggunakan remarketing (pemasaran ulang), pada dasarnya Anda mengandalkan calon pelanggan yang segera berkonversi, yang hampir tidak pernah terjadi. Jadi, pelanggan atau calon pelanggan yang pernah kenal, jangan diabaikan. Beri tawaran lagi ke dia dengan opsi yang lebih menarik. 

Bacaan Terkait:

Tak Banyak Yang Tahu, Ini Rahasia Sukses MS Glow Hingga Bisa Booming Seperti Sekarang

Di dunia kosmetik dan beauty care di Indonesia, nama MS Glow tak ubahnya sebuah sebuah galaxy baru. Benar-benar sangat moncer dan bersinar. Semua orang membicarakan kisah kesuksesan MS Glow dan pendirinya. MS Glow, dari brand yang sebelumnya nothing, menjadi brand baru yang melesat dan gross omset diperkirakan sudah diatas Rp 1 triliun. MS Glow, merek yang relatif baru ini pun membuat mati kutu sejumlah brand komestik besar yang sudah legend, baik brand asing ataupun lokal. Mereka kalah bersaing, kalah viral dibanding MS Glow. 

  

Rahasia Sukses Pemasaran MS Glow


Sebelum mengupas rahasia sukses pemasaran MS Glow, tentu sebagian besar pembaca sudah tahu MS Glow ini dirintis oleh pasangan Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala Dewi sejak  2013. Banyak gosip yang mengatakan, sebelum mendirikan usaha ini Maharanni sudah merupakan “orang kaya”. Tapi hal itu beberapa kali dibantah oleh Maharani sendiri. Ia sebelumnya hanya karyawan sebuah bank dan ia menjadi reseller bagi produk Shandy. Lucu sekali, sebelum mereka menikah, keduanya sudah saling mengenal tapi tidak pernah saling bertemu karena Maharani yang di Bali menjadi agen/reseller bagi Shandy. Baru kemudian keduanya bertemu, berjodoh dan sepakat untuk berbisnis mendirikan brand MS Glow. Makanya usaha itu diberi nama MS = Maharani + Shandy. Maharani sendiri memang spesialis mengurusi aktifitas dan strategi pemasaran. 

Setelah keduanya bergabung, lalu mereka aktif memproduksi berbagai produk skincare/kosmetik yang kemudian dipasarkan secara massal. Waktu itu ia masih debutan baru yang boleh dibilang sebagai anak bawang. Dan bila dianalisa lebih dalam, sejujurnya, strategi pemasaran inilah yang menjadi kunci sukses atau jantung dari sukses bisnis MS Glow. Dari sisi produk, ia memang berkualitas. Tapi ingat bahwa di market masih banyak pemain lain yang bisa memproduksi produk dengan sama bagus dibanding MS Glow dan bahkan yang lebih bagus. Tapi pengelola brand MS Glow sangat smart dan berbakat dalam mengelola dan menyukseskannya dari sisi pemasaraan. Ini perlu dinoted, diberi garis tebal. 

Pertama dan yang menjadi pondasi terpenting sukses MS Glow ialah karena kemampuan mereka menggandeng mitra penjualan yang mereka sebut sebagai reseller, agen atau member. Inilah kunci suksesnya yang dibangun dari awal. Setelah memproduksi kosmetik yang baik, mereka mencari mitra penjualan yang juga sebagai user produk mereka. Para pengguna yang juga menjadi reseller ini kemudian bercerita bagaimana pengalaman mereka menjadi user MS Glow sekaligus kemudian mempromosikan produk itu hingga kemudian menjadi viral dimana-mana . Ini semacam strategi testimonial marketing yang sukses, massif dan viral marketing. Mereka sebagai user sekaligus dapat cuan, mengantongi untung, karena juga sambil jualan. 

Para reseller ini dapat untung yang menarik, cuan yang bagus. Selain mereka mendapatkan produk skincare MS GLOW asli yang dikirim langsung dari gudang pusat MS GLOW STORE Indonesia, mereka, para reseller itu, langsung mendapatkan potongan langsung hingga 35% yang dihitung berdasarkan produk dan minimal transaksi. Dengan kata lain, para reseller sebagai distributor diberi marginn 35% dari harga jual produk. Bagus kan? Jelas. Profit margin seperti itu sangat bagus untuk ukuran bisnis distribusi. Siapa orang yang tak mau?  Sudah menjadi user dan dapat cuan pula. 

Pengelola MS Glow ini juga pintar dalam men-treatmen para reseller. Mereka menjual produk MS GLOW, agar lebih percaya diri dan dipercaya konsumen, diberikan ID Card dari pusat dan data reseller itu juga dicantumkan dalam website official sebagai reseller resmi MS GLOW. Lalu reseller juga diberi kebebasan memilih paket-paket sebagai reseller, ada yang basic, premium, agen hingga member. Itu tergantung jumlah order yang diambil dan jumlah minimal order juga akan menentukan jumlah potongan dan margin yang bakal diterima reseller. Jadi ini memberi kesempatan orang untuk berusaha sekaligus bergaya, dapat uang. 

Dengan pola seperti itu, kalangan kaum wanita muda dan setengah baya kemudian berbondong-bondang di berbagai kota untuk menjadi resellernya. Mereka adalah user yang juga mempromosikan MS Glow di semua akun FB dan IG mereka. Jadi, MS Glow juga mendapatkan promosi gratis secara tak disengaja dari para reseller itu. Inilah pemasaran natural yang berkembang di market. Maka jangan heran bila sekarang hampir disetiap kota telah ada Reseller atau member atau agen atau distributor MS Glow. Permintaan yang banyak dari konsumen untuk menggunakan atau membeli MS Glow membuat banyak orang mencari tempat Jual MS Glow, sehingga dengan melihat peluang tersebut banyak orang yang memilih untuk menjadi Reseller, Member, Agen dan Distributor MS Glow.

Alasan kesuksesan MS Glow karena faktor distrubusi ini bukan sebuah bualan, namun analisa yang masuk akal dan memang dibenarkan juga oleh si pendiri. Dalam beberapa kesempatan, Maharani sebagai founder ditanya kenapa  MS Glow menjadi produk yang laris di pasaran. Ia jawab, “Kenapa bisnis MS Glow bisa sebesar ini tuh karena kita dibantu jaringan reseller di seluruh Indonesia sangat luar biasa. Jadi, yang ngebantu kita bisa sampai sekarang ini kan mereka yang jualan,” kata Maharani Kemala. Jadi memang Maharani sendiri sebagai master mind pemasaran MS Glow juga mengakui bahwa sukses MS Glow tak lepas dari peran para reseller yang menjadi mitra penjualan. 

Memang benar juga, MS Glow juga dibantu promosi dari pendirinya yang suka tampil di high profile seperti sosialita yang viral dimana-mana. Promosi tentu juga menjadi salah satu elemen sukses itu. Namun tampil gebyarnya pendiri MS Glow ini setelah MS Glow sukses meroket di orbit bisnis kosmetik yang ditopang kuatnya fondasi mereka dalam membangun jaringan reseller. Promosi saja tanpa jaringan distribusi dan reseller tentu akan menjadi rapuh. 

Jelas ini menjadi pelajaran bagi para pebisnis di bidang apa saja, bangunlah komunitas yang menjadi mitra penjualan Anda. Perlakukan mereka dengan baik, berilah mereka margin untung yang baik yang membuat mereka bersemangat menjual produk Anda, dan jaga loyalitas mereka. Bila Anda bisa memperlakukan mereka dengan baik dan memberi mereka bisnis dan profit dengan baik, maka bisnis Anda akan jalan sendiri. Mereka yang akan banting tulang mempromosikan dan memasarkan produk Anda hingga sukses dan eksis di market. 

Bacaan Terkait:

  • 20 Jurus Jitu Untuk Tingkatkan Omset Jualan Online
  • Cara Kerja dan Seluk-Beluk Investor Pre IPO
  • Cari perusahaan yang berjalan baik untuk diakuisisi sahamnya
  • Sejumlah investor asing tertarik mencari partner lokal dari indonesia
  • Rahasia Sukses Bisnis Sebagai Pemasok Barang
  • 12 Tip Sukses Berkarir Agar Melejit Hingga Posisi Puncak

    Setiap orang tentu ingin punya karir yang bagus, melejit hingga puncak. Banyak benefit dan priveledge bila seseorang bisa berkarir hingga puncak di sebuah organisasi atau korporasi. Namun tentu proses kesana bukan hal yang mudah. Butuh kiat dan tip agar seseorang bisa sukses dalam berkarir atau meniti karir hingga ke level tinggi. Berikut ini 12 hal penting yang perlu dilakukan oleh para peniti karir. 

    1. Kembangkan Dan Kuasai Kompetensi Dasar Yang Menjadi Bidang Keahlianmu

    Ini adalah dasar bagi siapa saja yang ingin memulai karir mereka. Perdalam apa yang menjadi keahlian kita. Lakukan upaya ekstra agar bisa unggul pada keahlian inti kita. 

    Terlalu sering saya melihat lulusan perguruan tinggi baru menghabiskan energi mereka yang berharga ke berbagai arah, berpindah dari satu bidang ke bidang lainnya saat mereka menyelesaikan pekerjaan pertama mereka namun pada akhirnya malah tidak menguasai apa pun. Untuk tahap awal karir, sangat penting punya penguasaan di satu bidang tertentu, atau punya spesialisasi tertentu. Kita harus bisa fokus dan punya kompetensi dasar untuk karir selanjutnya. Ini semacam menjadi DNA karier Anda. 

    Kiat sukses meniti karir


    2. Perluas Peran Dalam Mengerjakan Job Sekarang

    Pada tahap selanjutnya, pernahkah Anda berpikir tentang ekspansi “horizontal” dengan mengerjakan bukan bidang kita? Itu bisa melibatkan pindah ke departemen lain atau mengambil peran berbeda di departemen yang sama. Ekspansi job horizontal bisa menambah keterampilan baru dan menambah nilai. Ekspansi horizontal berguna untuk Anda karena membuat Anda lebih serba bisa. Anda akan mempelajari keterampilan yang mungkin tidak akan Anda pelajari jika Anda tinggal di departemen yang sama. Di luar promosi dan ekspansi, memperluas peran pekerjaan Anda bisa berarti mengambil inisiatif untuk menjadi sukarelawan untuk proyek atau tugas kecil. Ini memungkinkan Anda untuk mempelajari hal-hal baru dan memberi Anda gambaran sekilas tentang bagaimana departemen lain dalam organisasi beroperasi – sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya.

    3. Bangunlah Personal Brand, Citra Positif Diri Anda

    Apakah Anda kuat dalam keterampilan tertentu? Apakah Anda orang yang tepat untuk pengetahuan domain tertentu? Mengembangkan nilai jual pribadi Anda yang membuat Anda unik membantu membangun cerita atau citra tentang Anda di kepala orang. Ambil contoh, Starbucks atau McDonald’s – kita semua mengaitkan karakteristik tertentu dengan merek tersebut. Baik itu pelayanan yang baik, makanan yang baik dll.

  • Aneka Benefit Bila Menjadi Perusahaan Publik / TBK
  • Strategi restrukturisasi hutang korporasi
  • Cara-Cara Efektif Untuk Melakukan Efisiensi Perusahaan
  • Membangun merek pribadi untuk diri sendiri mengikuti prinsip yang sama – Anda ingin dikenal karena apa? Mencari tahu apa kekuatan Anda dan bagaimana Anda dapat menyelaraskannya dengan tujuan karir organisasi dan jangka panjang Anda adalah awal yang baik. Misalnya, Mungkin Anda hebat dalam statistik – itu datang secara alami kepada Anda. Atau mungkin, Anda adalah manajer berkinerja tinggi yang mampu mengubah kinerja tim.

    Ini tentang mengetahui apa yang dapat Anda bawa ke meja dan bagaimana Anda dapat menggunakan kekuatan Anda untuk menciptakan nilai bagi organisasi. Anda juga dapat membangun jalur karier yang hebat berdasarkan merek pribadi Anda.

    4. Perkuat Communication Skill

    Ini adalah keterampilan yang paling diremehkan padahal luar biasa dampaknya dalam kemajuan karir. Kemampuan seseorang untuk merumuskan, mengartikulasikan, berkomunikasi, dan mempengaruhi orang lain dengan ide-ide mereka dan memiliki kemampuan untuk menggunakan alat komunikasi yang tepat (cerita, metafora, analogi, keterampilan retorika) untuk mempengaruhi audiens dan membujuk adalah AMAT SANGAT PENTING dewasa ini. Termasuk di dalamnya, kemampuan untuk mendengarkan tanpa menghakimi. Perlu eterampilan mendengarkan dan menguasai cara menyusun argumen Anda, Anda akan dapat menanggapi argumen orang itu dengan meyakinkan. Memiliki kosakata yang kuat dan lancar juga penting dalam cara Anda menanggapi argumen tanpa harus bertanya-tanya tentang bagaimana membangun respons yang baik. 

    5. Buatlah Rencana Karir Anda

    Berikan beberapa pemikiran – jika Anda belum – tentang tempat ‘paling’ yang Anda inginkan dalam karir Anda. Ini bisa menjadi peran, organisasi atau bahkan industri atau negara tertentu. Kemudian, bekerja mundur. Bagaimana itu terlihat seperti? Apa yang diperlukan untuk sampai ke sana? Apa keterampilan khusus yang Anda perlukan? Kemudian buat rencana atau peta tentang bagaimana Anda ingin sampai di sana dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

    6. Terus Dalami dan Perluas Horison Kompetensi

    Ada banyak perdebatan tentang bagaimana seseorang harus menjadi generalis vs spesialis. Nah, mengapa kita tidak menjadi keduanya saja. Misalnya, jika Anda seorang peneliti di bidang Psikologi – belajar tentang Psikologi Kognitif adalah keterampilan psikologis atau domain pengetahuan yang sangat spesifik yang benar-benar dapat Anda masuki. Sebaliknya, keterampilan penelitian umum yang dimiliki peneliti adalah – analisis data. Jadi saya kemudian bisa memilih untuk mengembangkan pengetahuan saya di Psikologi Kognitif atau dalam menganalisis data, atau, saya bahkan bisa melakukannya secara bersamaan.

    Juga, keterampilan umum sebenarnya dapat ditransfer – artinya, jika Anda ingin mengubah karier dalam waktu dekat, itu akan sedikit lebih mudah. Misalnya, keterampilan analisis data dapat ditransfer dari industri Psikologi untuk mengatakan, industri TI. Tentu saja akan ada celah yang perlu Anda tutupi, tetapi setidaknya Anda sudah menguasai dasar-dasarnya. Memiliki keterampilan khusus yang sangat Anda kuasai juga dapat menjadi bagian dari merek pribadi Anda

    7. Tingkatkan Kesadaran Diri dan Kemampuan Melakukan Pengendalian Diri

    Masing-masing adalah bagian penting dari keberadaan Anda. Kesadaran diri berkaitan dengan bagaimana Anda melihat diri sendiri dan bagaimana Anda ingin orang lain memandang Anda. Kesadaran diri juga berarti memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi Anda di antara sekelompok rekan kerja di lingkungan bisnis dan bertemu dengan seseorang di luar kelompok itu dengan cara yang tepat. Kontrol diri, di sisi lain, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk tetap terkendali dalam situasi yang tidak stabil, tegang, mengancam, atau menantang. Ketika posisi seseorang terancam tidak jarang kehilangan kendali, marah atau gelisah, dan melakukan hal-hal yang kontraproduktif. Kita harus tenang dalam melakukan percakapan yang rasional. Memiliki kontrol diri memungkinkan Anda untuk bersikap objektif dalam situasi kritis.

    8. Berusahalah Untuk Selalu Mampu Bekerja Secara Teamwork

    Di dunia orang dewasa, sulit untuk mencapai banyak hal tanpa kemampuan seseorang untuk terlibat dalam kerja tim dan secara kolaboratif berkontribusi pada kesuksesan tim Anda.

    Kerja tim tidak banyak diajarkan di dunia akademik, kecuali mungkin ketika Anda termasuk dalam tim atletik. Kebanyakan siswa belajar sendiri dan sangat bangga bagaimana mereka mampu bersaing dengan orang lain.  Memahami peran masing-masing, memberikan bantuan kepada mereka yang bermasalah, dan memberikan penghargaan kepada orang lain atas apa yang telah mereka sumbangkan tanpa mendahuluinya dari orang lain membutuhkan dan rasa inheren dari semangat tim yang dalam. Dalam jangka panjang inilah yang membuat seseorang sukses dalam bagaimana mereka mampu menavigasi melalui tantangan dalam karir mereka.

    9. Bangun Kemampuan Ber-Empati dan Attitude Yang Baik

    Empati adalah kapasitas untuk memahami atau merasakan apa yang dialami orang lain, kapasitas untuk menempatkan diri pada posisi orang lain. Menunjukkan empati adalah sifat pribadi yang penting yang memungkinkan Anda untuk memahami situasi orang lain dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berbagi rasa sakit, kesedihan, kesedihan, atau kemunduran mereka. Itu juga bisa berlaku ketika berbagi kegembiraan yang dialami orang lain. Bagi sebagian orang, menunjukkan kegembiraan sejati mereka ketika orang lain bahagia jauh lebih sulit daripada bagi mereka untuk berbagi rasa sakit dengan menunjukkan empati. Hal ini juga terkait integritas. Lakukan apa yang Anda katakan. Katakan apa yang Anda lakukan. Selalu bertindak dengan cara yang membuat orang mengingat Anda secara positif. Memiliki sikap yang baik. Anda mungkin brilian, tetapi jika Anda sulit diatur, mudah untuk menemukan orang lain. Jadilah menyenangkan dan mudah diajak bekerja sama. Tenang dan tenang pada saat dibutuhkan—itu akan menginspirasi orang untuk mencari Anda.

    10. Perluas Jariangan Sosial 

    Sesi berjejaring bisa menjadi hal yang bagus, tetapi jika Anda tidak suka bertemu orang asing – cobalah sesuatu yang lebih dekat dengan rumah. Berbaurlah lebih banyak dengan rekan kerja Anda – pergi makan siang atau minum kopi bersama setelah bekerja. Ini membuat Anda lebih dekat dan membantu mengenal sisi yang lebih pribadi dari rekan kerja Anda.

    Siapa tahu, rekan kerja mungkin memiliki pengetahuan tentang seseorang atau sesuatu yang akan sangat membantu hidup Anda. Saya memiliki rekan kerja yang memperkenalkan saya pada acara sosial yang menyenangkan yang masih saya hadiri, membantu saya menemukan musik dan buku baru; hanya dengan minum kopi bersama mereka.

    11. Teruslah Banyak Membaca 

    Ini termasuk membaca berita dan buku. Membaca secara luas berarti Anda memiliki topik menarik yang berguna untuk dibicarakan di sesi jaringan, makan siang bisnis, dll. Ini membantu memecahkan kebekuan dan memberi Anda sesuatu untuk dibicarakan selain pekerjaan. Membaca buku juga dapat membantu Anda memahami diri sendiri, rekan kerja, dan bahkan pekerjaan Anda dengan lebih baik. Saya telah membaca tentang hal-hal yang telah memberi saya ide-ide baru, informasi baru tentang pekerjaan saya atau industri dan solusi untuk masalah. Misalnya, saya tidak di bidang Pendidikan, tetapi mengambil buku Dr. Carol Dweck tentang Pola Pikir harus menjadi salah satu hal terbaik yang saya lakukan tahun ini. Ini telah membantu saya melihat kehidupan – dan karir saya dari perspektif “pola pikir berkembang” yang sangat berorientasi pada pembelajaran. Saya telah menerapkan beberapa tip dari buku dan hasilnya luar biasa. Ada banyak buku dan publikasi di luar sana. Mereka tidak hanya membantu Anda menangani tugas di tempat kerja, tetapi juga menawarkan solusi untuk menangani rekan kerja, bos, proses kerja, meminta bayaran lebih tinggi, dan sebagainya. Daftarnya tidak ada habisnya.

    12. Bekerjalah untuk tujuan yang lebih tinggi (mulia).

    Banyak orang yang bekerja bukan sekedar alasan uang. Banyak orang bekerja dengan tujuan mulia, misalnya untuk orang menciptakan  e-commerce agar bisa memberdayakan generasi muda dan UKM. Agar bisa membantu orang lain. Agar bisa menabung dan memberi sumbangan sosial. Pahami bahwa dampak pekerjaan Anda lebih luas daripada menghasilkan uang. Kemudian, Anda akan menemukan lebih banyak makna dalam apa yang Anda lakukan setiap hari, dan tujuan yang lebih tinggi akan memandu Anda untuk mampu melewati hari-hari karir yang terkadang mengalami sulit. Ada motivasi lain di luar uang. Hal ini akan membantu karir Anda dalam jangka panjang. 

    Selamat berkarir, semoga sukses!  

    #tip sukses meniti karir #langkah meniti karir #prinsip-prinsip penting dalam meniti karir #kiat sukses dalam berkarir

    Link Bacaan Lain: 

    Indonesia Semakin Diminati Para Investor Global

    Indonesia makin menarik bagi investor global, menjadi primadona bagi kalangan investor asing, seiring makin majunya perekonomian Indonesia dan besarnya potensi market di Indonesia.  

    Sektor perdagangan internasional dan industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang paling diminati kalangan investor global.  Perdagangan global ini akan mendatangkan manfaat bagi Indonesia karena Indonesia merupakan tempat sourcing produk yang sangat baik. Tingginya pangsa pasar di Indonesia, juga menarik bagi mereka, terkait jumlah penduduk yang besar, jumlah tenaga kerja yang tersedia, serta kemungkinan peningkatan produktivitas sektor tenaga kerja dan ketersediaan bahan baku merupakan nilai tambah bagi investasi asing yang masuk.

    Pasar yang skala besar ini merupakan salah satu faktor utama penarik modal asing ke Indonesia. Sektor perbankan yang dinilai baik juga mendukung minat investasi asing. Investor asing sangat tertarik berinvestasi di Vietnam, namun masih ada kendala sistem perbankan di sana, sehingga investasi bisa pindah ke Indonesia. Kemudahan sistem perbankan di Indonesia adalah salah satu yang menarik investor datang ke Indonesia.

    Namun tantangan yang dihadapi Indonesia, yaitu reformasi perbaikan institusi dan hukum, perlu digalakkan untuk meningkatkan investasi asing di sektor infrastruktur. Keterbukaan penting untuk menarik investor asing. Reformasi birokrasi juga perlu dilakukan karena instansi pemerintah banyak yang memanfaatkan investor untuk kepentingan pribadinya,” ucapnya.

    Dari tahun ke tahun nilai investasi ke Indonesia makin meningkat. Kemenperin akan terus mendorong realisasi investasi di sektor manufakur. Salah satu yang akan tempuh, kementerian ini akan meyakinkan investor yang masih ragu-ragu agar segera merealisasikan rencana investasinya. Angka investasi manufaktur cukyp menonjol, baik  penanaman modal domestik (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

    Beberapa industri yang menarik antara lain, investasi industri farmasi dan kimia, industri kertas dan percetakan, serta industri makanan. Dari kalangan PMA, banyak melakukan investasi bidang industri logam, mesin, dan elektronik . Juga investasi industri kendaraan bermotor dan alat transportasi dan industri makanan.